https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Bangka Luncurkan Pusling

Bangka, Seputarbabel.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka resmi meluncurkan layanan Puskesmas Keliling Perairan, Puskesmas Kenanga, dan Puskesmas Belinyu, serta Puskesmas Keliling Roda Empat untuk Puskesmas Kenanga dan Puskesmas Pemali. Acara ini berlangsung di Pantai Puri Ansell, Sungailiat, pada Selasa (11/06/2024).

Plh Dinas Kesehatan Bangka, Nora Sukma Dewi, menyampaikan bahwa peluncuran layanan kesehatan ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK), yang terdiri dari dua unit mobil keliling dan dua kapal yang akan ditempatkan di perairan.

“Mobil dan kapal ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang sulit dijangkau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan adanya puskesmas keliling ini, diharapkan pelayanan terhadap masyarakat dapat lebih maksimal,” ungkap Nora.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bangka, M. Haris, menjelaskan bahwa Kabupaten Bangka merupakan daerah kepulauan, sehingga kehadiran puskesmas keliling ini akan memudahkan tenaga kesehatan dalam menjangkau masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan.

“Maka dari itu, kami, pemerintah Kabupaten Bangka, telah menyiapkan empat kendaraan roda empat dan dua kapal untuk memberikan pelayanan kesehatan di perairan bagi masyarakat. Banyak dari masyarakat kita yang bermata pencaharian sebagai nelayan, juga dua wilayah ini banyak dikunjungi wisatawan, sehingga dengan adanya puskesmas keliling ini, mereka dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan,” jelas M. Haris.

Menurut M. Haris, penyediaan dua mobil dan dua kapal ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik, baik di darat maupun di laut. “Semoga layanan ini dapat berfungsi dengan baik, mengingat wilayah ini banyak dikunjungi wisatawan, sehingga layanan yang diberikan tidak mengalami hambatan,” tambahnya.

Haris menambahkan, baik mobil maupun kapal akan dilengkapi dengan fasilitas pelayanan yang ditentukan oleh pihak puskesmas. Pemerintah juga mengimbau agar masyarakat bersama-sama merawat aset yang dimiliki, sehingga bisa digunakan kapan pun diperlukan.

“Dengan adanya puskesmas keliling ini, tidak ada lagi masyarakat kita yang sulit dijangkau. Melalui kapal ini, diharapkan tidak ada lagi wilayah yang tidak terjangkau layanan kesehatan,” Tutup M.Haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *