https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Dorong Perekonomian Masyarakat Terus Berkembang

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Komitmen dalam menjalankan tugas, kewajiban dan fungsi sebagai agent of development di setiap wilayah operasi perusahaan. Membuat berbagai program CSR PT Timah Tbk tidak lepas dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi. Dari program kemitraan PT Timah salurkan dana bergulir bagi permodalan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah operasi.

Ia pun membenarkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) juga mengalami kontraksi 4,38 persen, triwulan III-2020 bila dibanding tahun 2019. Namun data BPS mencatat, bila dibanding triwulan II, ekonomi Babel tumbuh 2,57 persen pada triwulan III, ditahun yang sama. “Harapan kita perekonomian Babel mengalami peningkatan dengan siklus pertumbuhan,” harap Wibisono.

Baca : Berita Terkait Pada Laman Ini

Dengan penyaluran dana bergulir 2020, dari program kemitraan yang sasarannya UMKM. PT Timah berharap UMKM bisa meningoatkan efektifitas usaha sehingga dalap berjalan dan terus berkembang. “Ini disasarkan kepada UMKM karena kita tahu mempunya efektifitas sangat tinggi. Dengan penyaluaran pinjamam modal usaha kita berhara UMKM bisa berjalan dan terus berkembang,” ungkap Wibisono.

Ia menambahkan, saat akan mengakhiri sambutan, untuk dapat menumbuh kembangkan perekonomian Babel. PT Timah perlu mendapat kepercayaan masyarakat. “Dalam rangka menumbuh kembangkan perekonomian, semoga program ini dapat membawa keberkahan bagi kita semua semakin ke depan semakin baik,” katanya mengakhiri sambutan.

Plt Kepala Dinas ESDM Pemprov Babel Amir Syahbana menjelaskan sebagai pemegang izin usaha pertambangan (IUP). “PT Timah juga BUMN, memang mempunyai kewajiban, ada yang mandatory dan ada juga yang berupa harapan,” ungkapnya.

Pemegang IUP, punya kewajiban program pemberdayaan pengembangan masyarakat (PPM). Begitu juga industri pertambangan diminta (regulasi) punya manfaat kepada masyarakat. “Kita sebut multiplier effect,” sambung Amir.

Ia mengingatkan, wilayah pertambangan di Babel mayoritas milik PT Timah. Sehingga dengan berbagai potensi dan sumber daya PT Timah, diyakininya mampu menjadi pengerak berbagai bidang di wilayah operasinya. “Sehingga diharapkan PT Timah sebagai prime mover dalam kegiatan perekonomian di masyarakat,” pinta Amir.

Sinergitas antara PT Timah dan Pemprov Babel, sebenarnya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang luas dan berkelanjutan. Karena program PPM PT Timah bisa menjalankan rencana dari kegiatan maupun yang sedang berjalan. “Pemerintah dan masyarakat Babel, tetap berharap melalui program – programnya PT Timah sehingga kita bisa sinegitas,” jelas Amir.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *