https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Promosikan Produk UMKM Bangka Belitung, PT Timah Tbk Pamerkan Produk Mitra Binaan di Terminal 3 Bandara Bandara Soekarno Hatta Selama satu Bulan

TANGERANG, seputarbabel.com – PT Timah Tbk menghadirkan ratusan produk Mitra Binaan dalam
Bazar UMKM Produk Lokal Unggulan Khas Bangka Belitung yang diselenggarakan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Bazar UMKM yang merupakan kolaborasi PT Timah Tbk dan PT Angkasa Pura II ini  dimulai sejak 2 sampai 28 Februari 2023 ini, turut melibatkan 35 Mitra Binaan yang tergabung dalam Galeri Serumpun Sebalai dan Rumah BUMN Belitung.
Anggota Holding Pertambangan Indonesia MIND ID ini dalam Bazar ini mempromosikan sekitar seratus produk mitra binaan seperti kerajinan, makanan dan fashion, aksesoris, batik, dan ecoprint dari mitra binaan PT Timah Tbk dan Mitra Binaan PT Angkasa Pura 2 Bandara Depat Amir di stand Gerai Nasional.
Kegiatan itu juga dibuka langsung oleh PJ Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin,  Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Timah Tbk Yennita.
Ridwan Djamaludin mengatakan kegiatan ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa karena bisa dengan efektif mempromosikan produk UMKM dan mengenalkan Bangka Belitung kepada para pengunjung di Bandara Soekarno Hatta.
“Dari upaya kami membantu UMKM di Bangka Belitung, saya rasa iniyang paling nendang. Tentu ini sangat luar biasa, karena dulu kami membayangkan bagaimana cara yang efektif dan juga nendang untuk mengangkat UMKM dan juga pariwisata. Bayangkan kalau kita harus menyewa tempat ini selama satu bulan, kita mesti bayar berapa?,”
“Sekarang kita sudah disediakan tempat, ini suatu kolaborasi yang luar biasa, dan jangan disia – siakan kesempatan ini,” sambungnya.
Dirinya juga sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk dan PT Angkasa Pura II. Serta akan memanfaatkan momen ini dengan sebaik – baiknya, guna mempromosikan Bangka Belitung.
“Terimakasih kepada PT Timah dan juga Angkasa Pura II, atas segala dukungan acara ini. Mulai sekarang kami akan melakukan upaya untuk meramaikan tempat ini dengan cara mengumpulkan teman-teman komunitas untuk mengenalkan adat dan budaya Bangka Belitung, yakni salah satunya dengan mengadakan kegiatan berpantun yang tentunya menggunakan pakaian adat kita,” katanya.
Selain itu, pihaknya juga akan melakukan parade kuliner khas Bangka Belitung, karena kuliner dari Bangka Belitung ini terkenal akan kelezatannya sebagai cara untuk mengenalkan potensi Bangka Belitung.
“Bahkan, kami juga akan membuat sebuah pameran durian yang terkenal nomor 1 didunia, yakni duren Cumasi dan super tembaga. Kami dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memanfaatkan kesempatan baik ini, sekaligus juga mendukung. Dan kami juga akan proaktif untuk hal itu,” Ujar Ridwan.
Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya menyiapkan terminal 3 untuk mendukung mempromosikan produk UMKM.
“Saya rasa Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta menjadi terminal kebanggaan kita, yang wajib kita libatkan para pelaku UMKM untuk menjadikan terminal ini sebuah potensi ataupun peluang untuk para UMKM ini dapat berkegiatan di Bandara,” katanya.
Untuk itu, pihaknya mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan kemampuan UMKM, seperti program bangga buatan Indonesia. Bandara kata dia juga bisa dijadikan sebuah objek untuk melakukan berbagai promosi.
“Kawasan ini memang kami dedikasikan untuk para pelaku UMKM, agar UMKM dalam menjual produknya. Kawasan ini memang kita hidupkan, bukan hanya sekedar tempat orang mengantar antaupun menjemput. Namun menjadi sebuah interaksi sosial yang sehingga menjadi nilai usaha dan tentunya mendorong kegiatan ekonomi, khususnya ekonomi UMKM yang ada di Indonesia,” ujar Awaluddin.
Awaluddin mengatakan, melalui program Gerai Nusantara mereka akan mengenalkan produk UMKM dari berbagai Provinsi yang ada di Indonesia. Dimana setiap bulannya UMKM yang mengikuti kegiatan ini berbeda-beda.
“Mudah – mudahan ini dapat terus berlanjut, bukan hanya di Jakarta, tapi juga Bandara yang ada di Bangka dan Belitung, serta diwilayah – wilayah lainnya yang akan kita dorong terus,” ujarnya.
Senada, Direktur Sumber Daya Manusia PT Timah Tbk, Yennit juga mengapresiasi akan kolaborasi yang dilakukan Angkasa Pura II dengan PT Timah Tbk untuk mempromosikan produk mitra binaan PT Timah Tbk dan UMKM Bangka Belitung.
“Kami sangat beruntung sekali dapat berkolaborasi bersama Angkasa Pura II, dimana kita juga mempunyai galeri yang ada di Bandara Depati Amir. Mudah – mudahan apa yang kita lakukan hari ini dapat membuat produk – produk dari Bangka Belitung menjadi lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia,” katanya.
Yennita menyebutkan, saat ini ada sekitar 4000 UMKM yang menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. Pameran ini kata Yennita merupakan salah satu upaya PT Timah Tbk agar para mitra binaan bisa naik kelas.
PT Timah Tbk, kata Yennita terus mendorong dan membantu para mitra binaan agar bisa menembus pasar ekspor. Berbagai upaya seperti pelatihan dan pembinaan juga telah dilakukan PT Timah Tbk.
“Kami juga telah membantu produk – produk UMKM kita untuk di daftarkan ke Pasar Digital BUMN (PADI). Mudah – mudahan ini adalah sebuah langkah untuk kita mendorong kemandirian ekonomi masyarakat yang ada di Bangka Belitung,” ungkapnya.
“Dengan keberadaan kami, kami terus berkomitmen untuk memberikan manfaat untuk masyarakat yang seluas – luasnya khusunya diwilayah operasi perusahaan,” tandasnya. (rill/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *