https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Bong Ming Ming, Wabup Babar Terpilih, Diganti Ringgit Kecubung

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Wakil Bupati Bangka Barat (Babar) terpilih di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Bong Ming Ming resmi digantikan Ringgit Kecubung. Keduanya saat Pemilu 2019 calon anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dari PKS untuk daerah pemilihan (Dapil) V. Pagi (7/01/2021) tadi dalam paripurna DPRD Babel posisi Bong Ming Ming resmi digantikan Ringgit.

Pelantikan dan pengucapan sumpah janji PAW anggota DPRD Babel sisa jabatan 2019 – 2024 dipimpin Plt ketua DPRD Babel Amri Cahyadi didampingi pimpinan Dewan Muhammad Amin. Menurut Amri mekanisme pemberhentian antar waktu dan PAW sesuai amanat Pasal 111 – 122 Tata Tertib DPRD Babel. “Bong Ming Ming mengundurkan diri setelah mencalonkan sebagai Wakil Bupati Babar,” ujarnya.

Proses pengangkatan PAW Ming Ming ini, dapat dilakukan karena DPRD Babel telah menerima surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri. Yakni tentang peresmian dan pengangkatan PAW Anggota DPRD Babel atas nama Ringgit Kecubung. “Alhamdulillah SK Mendagri sudah kita terima sehingga dapat melaksanakan peresmian dan pengucapan sumpah janji PAW dalam paripurna hari ini,” ungkap Amri.

Hadir dalam paripurna, Gubernur Babel Erzaldi Rosma dan Wagub Babel Abdul Fatah. Dalam sambutan, disampaikan Erzaldi, Pemprov Babel berupaya mempercepat proses SK Ketua DPRD Babel karena memang perlu dilakukan diawal tahun 2021 ini. “Kalau untuk pelantikan Ketua DPRD akan segera dilakukan memang kita perlu penyelarasan pembangunan. Saat ini masih dalam proses di Kementerian Dalam Negeri,” jelas pria yang akrab disapa Dedi ini.

Ia juga menambahkan, pelaksanaan Pilkada 4 Kabupaten di Babel telah berjalan dengan partisipasi yang baik proses demokrasi sudah berjalan sesuai aturan. “InsyaAllah masih ada anggota DPRD dalam waktu dekat melaksanakan PAW. Kepada Bu Ringgit Kecubung dan PKS, saya ucapkan selamat. Semoga dapat segera bekerja dengan baik,” ungkap ketua DPD Gerindra Babel ini.

Proses pelantikan dilakukan dengan pengambilan dan pembacaa sumpah janji jabatan. Penyematan PIN dan penandatangan SK PAW dilakukan langsung Plt Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi. Sedang pembacaan surat keputusan Mendagri No 161.19-4704 tahun 2021 tentang peresmian dan pengangkatan PAW oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Babel M Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *