https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Peringati Hari Mangrove Sedunia Jajaran TNI AL Tanam Mangrove di 77 Wilayah Indonesia

Babel,Seputarbabel.com — Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono SE.,MM beserta jajaran TNI AL melaksanakan penanaman Mangrove secara serentak di 77 lokasi di wilayah Indonesia. kegiatan terpusat dihadiri oleh menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dan beberapa duta negara sahabat di desa Tanjung Pasir kecamatan Teluk naga Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Selasa, 26 Juli 2022

Sementara Itu Danlanal Bangka Belitung Letkol Laut (P) Dadan Hamdani S.Tr. Hanla., CTMP., CRMP., CIQAR beserta jajarannya juga melaksanakan penanaman 5000 bibit Mangrove secara serentak bersama 77 wilayah di Indonesia secara kebersamaan, Dengan mengusung tema ” Melalui sinergitas penanaman mangrove Nasional secara serentak tahun 2022, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global”. Kegiatan dilaksanakan di pantai Rebo Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Dalam sambutan KASAL mengatakan Penanaman Mangrove secara serentak dilaksanakan oleh jajaran TNI Angkatan Laut di 77 lokasi wilayah Indonesia, merupakan upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, Tanah longsor dan bencana Banjir yang hampir terjadi di seluruh Negara di Bumi, maka sepatutnya Intropeksi dan berbenah diri terhadap lingkungan kita laksanakan bersama.

Rusaknya hutan pantai (mangrove) sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan maupun resiko terjadinya bencana seperti Tsunami tahun 2005 di wilayah Aceh. Hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus Air Laut yang bisa mengikis daratan pantai.

Untuk itu pada hari ini dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia dan menyambut HUT kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 jajaran TNI AL melaksanakan penanaman mangrove dengan tema “Melalui sinergitas penanaman mangrove Nasional secara serentak TA.2022, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global”.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat maupun daerah, dalam memberikan wawasan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut.

Sementara itu Danlanal Babel dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan yang kita selenggarakan kali ini merupakan wujud kepedulian jajaran Lanal Babel berperan secara aktif dalam pelestarian lingkungan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mewujudkan Indonesia hijau program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dalam menjaga Bumi agar tetap lestari.

Kegiatan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka, Direktur dan Jajaran PT. Timah serta tokoh masyarakat, Pemuda Pancasila Pangkal Pinang dan pelajar setempat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *