BANGKABangka BelitungSeputar Tambang

Mulkan : Penanaman Mangrove PT Timah Tbk Selaras dengan Program Pemerintah

BANGKA, seputarbabel.com – Bekerjasama dengan TINI dalam rangka peringatan HUT ke-76, PT Timah baru saja melakukan penanaman ribuan mangrove di Kawasan Muara Lingkungan Nelayan II Sungailiat, Kamis (7/10/2021).

Bupati Bangka, Mulkan yang turut hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi PT Timah Tbk dalam  penanaman mangrove tersebut. Menurut Mulkan, langkah PT Timah ini selaras dengan program pemerintah dalam pemberdayaan lingkungan.

“Program ini sejalan dengan pemerintah, karena memberikan kesejahteraan serta jaminan keselamatan kepada masyarakat agar terhindar dari masalah banjir. Hutan merupakan penyanggah kehidupan manusia, jika hutan tidak ada maka timbul permasalahan seperti abrasi atau erosi,” jelas Mulkan.

Mulkan menjelaskan, apabila hal ini tidak diantisipasi dengan baik maka akan menimbulkan kerusakan bangunan yang ada di sekitar, baik yang telah dibangun warga maupun Pemerintah. Selain menjaga lingkungan, mangrove juga dapat memperindah kawasan tersebut.

Mulkan berpesan, mangrove ini tidak hanya sekadar ditanam, namun juga harus dipelihara dan dirawat sehingga bisa tumbuh dan memberikan dampak lingkungan.

“Saya harap masyarakat merawat dan menjaga apa yang telah dilakukan ini, serta juga masyarakat disini dapat menginformasikan baik kepada pemerintah daerah setempat atau organisasi lainnya jika adanya kerusakan tanaman,” ujarnya.

Mulkan menambahkan, jika kawasan ini dikelola dengan baik bisa menjadi potensi wisata yang juga akan membantu ekonomi masyarakat sekitar.

“Lokasi ini bisa dijadikan destinasi wisata karena cukup luas serta strategis dekat dengan pusat kota. Ini juga menghidupi perekonomian masyarakat sekitar, contohnya jika ada tamu atau masyarakat yang ingin berkunjung ke hutan mangrove ini, dapat menyewa perahu dari masyarakat serta bisa melariskan produk UMKM warga sekitar,” sebutnya. (rillis/red)

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker