BANGKABangka BelitungSeputar Tambang

Jaga Ekosistem Pesisir Pantai, PT Timah Tbk Tanam 5000 Batang Mangrove di Lingkungan Nelayan II Sungailiat

BANGKA, seputarbabel.com – Menjaga ekosistem lingkungan di wilayah pesisir pantai, PT Timah Tbk kembali menanam mangrove. Kali ini, PT Timah Tbk bekerjasama dengan TNI menamam 5000 batang mangrove di Kawasan Muara Lingkungan Nelayan II Sungailiat, Kamis (7/10/2021).

Penanaman mangrove ini yang menjadi rangkaian peringatan HUT ke-76 TNI ini turut dihadiri Bupati Bangka, Mulkan, organisasi masyarakat, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bangka, Lukman mengatakan, pesisir pantai kerap mengalami abrasi terutama di saat musim utara. Sehingga, penanaman mangrove ini bisa menjadi solusi untuk melindungi pemukiman warga dari abrasi.

“Kami miris melihat kondisinya, kawasan ini merupakan laut lepas sehingga kalau tidak dicegah gelombangnya bisa masuk ke pemukiman warga apalagi saat musim utara. Sehingga memang diperlukan penanaman mangrove,” katanya.

Menurutnya, kegiatan penanaman mangrove sudah pernah dilaksanakan beberapa kali, namun masih harus dilakukan secara terus menerus untuk meningkatkan luasan penanaman mangrove.

Lukman menyebutkan, dalam memelihara mangrove pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Laskar pesisir, Karang Taruna nelayan, Remaja Masjid Nelayan dan ormas yang ada di nelayan II.

Senada, Fiki (19) warga nelayan II bersyukur PT Timah Tbk telah menanam mangrove di kawasan lingkungan II Nelayan Sungailiat. Ia menceritakan sebelum ditanam mangrove, jika gelombang pasang air di kawasan ini sering menyebabkan kecelakaan nelayan yang akan pergi melaut.

“Kami merasa penanamam pohon mangrove ini sangat efektif untuk membantu kami merasa aman ketika gelombang pasang laut tiba. Saya merasa dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk membuat kami pemuda pemudi yang asli penduduk di lingkungan ini untuk terus melestarikan kawasan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Stisipol Pahlawan 12, Topandra berharap kegiatan seperti ini lebih rutin dilaksanakan untuk menjaga ekosistem lingkungan.

“Semoga kegiatan ini lebih dirutinkan lagi dan kami berharap PT Timah Tbk bisa berfokus kepada rehabilitasi lingkungan agar kita bisa sama-sama menjaganya,” sebutnya. (rillis/red)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker