Bangka BelitungSeputar Tambang

PT Timah Dukung Program 1 Desa 1 Sarjana Unmuh Babel

PANGKALPINANG, seputarbabel.com  – Program 1 Desa 1 Sarjana Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) mendapat dukungan PT Timah Tbk. Dukungan itu disampaikan Direktur PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani saat berkunjung ke kampus Unmuh Babel, Rabu (07/07/2021) siang.

Dalam pertemuan dengan Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri ST, M.Eng, Dirut PT Timah Tbk menyatakan, mendukung arah pengembangan program pendidikan yang dilakukan Unmuh Babel.

”Setelah tadi mendengar penjelasan dari Rektor Unmuh Babel, saya semakin yakin bahwa program-program yang di gagas tersebut cukup menyentuh masyarakat, karena kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk terus berupaya menciptakan sumber daya manusia Bangka Belitung yang cerdas dan tangguh dalam menjawab tantangan zaman yang akan semakin lebih kompetitif di masa yang akan datang,” ujarnya saat ditemui usai pertemuan.

Riza mengaku siap mendukung program Unmuh Babel dalam rangka membina, mencerdaskan seluruh desa yang ada di Bangka Belitung. Hal ini juga sejalan dengan apa yang dilakukan PT Timah selama ini yang terus melakukan berbagai strategi program pemberdayaan khususnya melalui bidang pendidikan.

PT Timah Tbk sebagai perusahaan BUMN terbesar di Babel terus berupaya seperti memberikan dukungannya untuk SMA Negeri 2 Unggulan Pemali Bangka, membantu infrastruktur, sarana prasana di berbagai lembaga pendidikan dan lainnya.

Riza juga menyatakansiap mendukung program 1 sarjana 1 desa yang dicetus Rektor Unmuh Babel dan jajarannya. Karena program ini sejalan dengan yang dicita-citakan bersama sejak provinsi ini berdiri.

“Bagaimana kita meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM yang ada di dalamnya agar semakin menjadi lebih siap berkompetisi,” ujarnya.

Riza juga mengapresiasi sejumlah program studi unggulan yang dipunyai Unmuh Babel seperti, jenjang untuk pendidikan guru sekolah dasar, guru pendidikan jasmani dan kesehatan, konservasi sumber daya alam, teknik sipil dan sains, ilmu komputer, pendidikan guru matematika hingga guru bahasa Inggris.

Ia menilai prodi-prodi unggulan yang disiapkan Unmuh Babel ini, arahnya adalah Education for Sustainable Development (ESD) yang mana ini merupakan ikhtiar bersama untuk terus membangun kesadaran konstruktif dan kreatif pada masyarakat kita khususnya dalam menghadapi tantangan globalisasi, tetap mandiri dan tangguh.

“Saya juga mengapresiasi ini semua dan memang harus kita perjuangkan, sehingga Babel ini tetap maju. Dan PT Timah Tbk tentunya tetap akan mengajak seluruh pihak terkait untuk bergotong royong dalam pembangunan daerah ini, sekaligus tentunya sebagai BUMN juga harus senantiasa memberikan contoh yang baik,” tuturnya.

Demikian halnya dengan Rektor Unmuh Babel, mengucapkan terima kasih atas silaturahim dan perhatian yang disampaikan Direktur Utama PT Timah Tbk.

Menurutnya, orang nomor 1 di perusahaan BUMN pertambangan timah terbesar Bangka Belitung tersebut, mempunyai kepedulian besar terhadap berbagai upaya pembangunan SDM di Babel.

“Ada kesepahaman yang kita buat, bahwa kehadiran PT Timah Tbk di Babel ini memang tak bisa lepas dari yang namanya usaha pertambangan dan mineral timahnya sendiri,” sebutnya.

Timah merupakan anugerah Allah SWT kepada Provinsi Babel ini dan PT Timah merupakan satu-satunya BUMN yang ada di Provinsi Babel yang mengelola pertambangan timah, sehingga dituntut untuk mensejahterakan masyarakat di Babel ini.

“Disamping konsentrasinya sebagai Core Business BUMN Pertambangan timah, tetapi PT Timah juga juga dituntut andilnya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Bangka Belitung,” ucapnya.

Rektor Unmuh Babel mengaku sangat apresiatif dengan tanggapan yang disampaikan oleh Dirut PT Timah, yang sepakat untuk ikut mendukung program unggulan Unmuh Babel 1 desa 1 sarjana. Nantinya PT Timah akan menyanggupi untuk memberikan beasiswa kepada masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dari desa yang tidak memiliki kemampuan atau pun yang berada di bawah rata-rata ekonominya.

Program ini kata Fadillah, akan sangat membantu masyarakat Babel yang sebetulnya selama ini masih banyak tidak memiliki kemampuan ekonomi untuk kuliah di perguruan tinggi, karena Angka Partisipasi Kasar (APK) di Babel masih rendah, di bawah rata-rata nasional.

“Untuk itu sekali lagi saya senang Direktur Utama PT Timah, bapak Riza Pahlevi Tabrani bisa hadir, silaturahim ke Unmuh Babel, karena klimaks dari diskusi ini semata-mata memang dalam upaya kita untuk terus membangkitkan dan membangun kualitas hajat hidup masyarakat terutama yang tinggal di pedesaan semakin berkemajuan,” tutupnya. (rillis/timah/red)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker