KABAR UTAMAPANGKALPINANG

LAPOR SP4N Mudahkan Masyarakat Berinteraksi dan Sampaikan Aduan Pelayanan Publik ke Pemerintah

 

Pangkalpinang, seputarbabel.com – Sebanyak 76 ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkup Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti sosialisasi LAPOR SP4N (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) yang diadakan Dinas Komunikasi dan Informatika, Senin (21/6/2021).

Pejabat penghubung dari 34 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ini dipandu dua narasumber dari Kementerian PAN-RB. Acara yang berlangsung di Ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Suryo Kusbandoro.

Suryo menyampaikan, LAPOR SP4N di lingkup pemerintahan sebagai wadah menyampaikan aspirasi, pengaduan dan permintaan informasi terkait pelayanan publik. Pentingnya aplikasi ini dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan laporan aduan pemerintah. Selain itu, dengan adanya sosialisasi ini masyarakat ikut berperan serta memantau pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan.

“Dengan SP4N ini masyarakat bisa berpartisipasi menyampaikan laporan dan aduan pemerintah, agar nantinya dapat meningkatkan kualitas layanan publik pemkot kepada masyarakat,” ujar Suryo.

Dia menuturkan, pemkot berupaya meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat dengan adanya LAPOR SP4N. Dengan aplikasi ini, kata Suryo, kepuasan masyarakat akan menjadi tujuan akhir dari pelayanan publik yang diberikan.

“Mudah-mudahan SP4N bisa menjadikan sarana meningkatkan pemkot lebih baik dalam pemerintahan dan pembangunan,” tuturnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang, Sarbini menyatakan, era digitalisasi saat ini pemerintah sebagai pelayan masyarakat dan mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Pemkot melalui Diskominfo mengupayakan menjembatani OPD di era digital bisa mempermudah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,” ujar Sarbini.

Dia melanjutkan, masyarakat meminta pelayanan pemerintahan semakin mudah dan cepat. Pemerintah pun mewakafkan diri melayani masyarakat sebaiknya. Sarbini menyebut, kelurahan sebagai ujung tombak yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Melalui LAPOR SP4N, Kementerian PAN-RB memberikan kemudahan untuk pelaporan yang dapat diakses masyarakat dimana saja dan kapan saja.

“Kami juga menyiapkan infrastruktur yang utama yakni jaringan terkoneksi satu sama lain. Jaringan intra pemerintah dan juga memperkuat server untuk mendukung seluruh kebutuhan akses data di pemkot,” bebernya.

Selain menyiapkan manajemen, tata kelola dan infrastruktur, pemkot juga menyiapkan pelayanan melalui aplikasi-aplikasi yang saat ini berkembang.

Seperti aplikasi LAPOR SP4N yang termasuk aplikasi umum dari pemerintah pusat untuk menampung aspirasi masyarakat, aduan dan wadah interaksi pelayanan publik ke masyarakat.

“Setelah ini kami akan sosialisasi secara masif agar masyarakat bisa memanfaatkan dan pejabat penghubung bisa memfasilitasi. Saya imbau agar peserta mengikuti dan memanfaatkan sebaiknya,” tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker