Bangka BelitungSeputar Tambang

Bantu Pengembangan Kawasan Wisata Gunung Mangkol, PT Timah Bangun Toilet Hingga Tenda UMKM

PANGKALPINANG, seputarbabel.com – Sektor Pariwisata tengah menjadi perhatian berbagai pihak untuk terus dikembangkan. Pengembangan pariwisata juga tengah digalakkan berbagai kelompok masyarakat, dengan melihat potensi yang dimiliki.  Untuk mengembangkan sektor ini, perlu sinergi dari berbagai pihak.

Untuk itu, PT Timah Tbk melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) turut mendukung perkembangan sektor pariwisata khususnya di wilayah operasional perusahaan. Dukungan yang diberikan emiten berkode TINS ini diantaranya ialah mendukung infrastruktur, sarana, prasrana penunjang di objek wisata yang dikelola oleh masyarakat.

Di kawasan Wisata Alam Gunung Mangkol, Bangka Tengah, PT Timah Tbk membangun toilet, tempat ganti pakaian, mushola, brand ikon Gunung Mangkol, dan tenda UMKM. Bantuan ini diserahkan PT Timah Tbk kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Terak dan Komunitas Pecinta Alam (KPA) Bujang Squad.

Objek wisata ini memiliki daya tarik tempat pemandian alami, air terjun mini dan wisata alam untuk menyaksikan satwa endemik lokal tarsius atau mentilin ini belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Ketua Pokdarwis Desa Terak Nanda, mengatakan bantuan dari PT Timah memberikan dampak yang signfikan terhadap perubahan wajah wisata Gunung Mangkol.

Ia menceritakan sebelum adanya ruang ganti yang dibangun permanen dengan bantuan CSR PT Timah, tempat ruang ganti hanya menggunakan terpal dan spanduk bekas. Mereka memahami, pengunjung risih dengan keadaan ini, namun karena keterbatasan biaya pihaknya hanya bisa melakukan itu.

“Dari CSR PT Timah kita sudah punya toilet dua pintu, ruang ganti pakaian tiga pintu yang permanen. Sebelumnya ruang ganti baju hanya pakai terpal dan spanduk bekas. Begitu juga dengan musala yang memang sangat kami butuhkan, karena orang datang ke sini kan enggak mungkin 1-2 jam, pasti lama setidaknya biasa pergi pagi pulang sore,” sebutnya.

Menurut Nanda, pihaknya sempat terkejut PT Timah dengan serius bisa membantu mereka untuk menjadikan kawasan wisata Gunung Mangkol ini.

“Susah cari anggaran yang cukup besar untuk menambah infrastruktur. Awalnya kita juga enggak percaya kalau PT Timah bisa bantu sebesar ini dan kami bersyukur dan terimakasih sekali kepada PT Timah, berkat bantuan ini wisata Gunung Mangkol jadi punya wajah baru,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan PT Timah terus mendorong berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan berujung pada kesejahteraan masyarakat. (rill/timah/red).

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker