BANGKABANGKA BARATBangka BelitungBANGKA SELATANBANGKA TENGAHBELITUNGBELITUNG TIMURKABAR UTAMAPANGKALPINANG

Berbagi Pengalaman di 12 Desa Wisata Outdoor Yang Tren di 2021

PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Jakarta, Seputar Babel. Com – Wisata outdoor atau wisata alam sedang tren di saat pandemi. Hal ini disambut baik oleh destinasi wisata alam di Indonesia, terutama yang berada di perdesaan. Kenapa outdoor dan harus di pedesaan? Karena destinasi wisata ini memiliki risiko penyebaran virus yang lebih rendah ketimbang indoor. Pastinya wisata outdoor tersebut sudah pasti dilaksanakan dengan menyesuaian konsep wisata alam dengan protokol kesehatan.

Langkah tersebut demi menjamin kenyamanan dan keamanan para pengunjung selama berada di lokasi wisata. Menariknya lagi pemulihan pariwisata di Indonesia ini tidak lepas dari campur tangan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Yang terus berjuang mengadakan talkshow di instagram @GoodLifeBCA dan YouTube Solusi BCA bertajuk LDR “Lihat Dari Rumah”.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno dan Indy Barends pada, Minggu (25/04/2021).

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan, tren wisata ke alam perdesaan tersebut sangat sesuai dengan komitmen BCA yang mendukung pengembangan pariwisata berbasis komunitas lokal di perdesaan. Hingga saat ini, BCA telah mengembangkan 12 Desa Wisata yang tersebar di seluruh nusantara. Desa-desa wisata tersebut merupakan kombinasi dari pengembangan potensi alam, sosial kultural, sumber daya lokal, dan teknologi terkini dalam rangka memajukan ekonomi masyarakat setempat.

Berbagai pengalaman eksotik dapat Anda rasakan ketika berada di lokasi wisata berbasis perdesaan. Apa saja pengalaman eksotik ketika berkunjung ke desa-desa wisata, seperti 12 Desa Wisata BCA? Berikut ulasannya :

Berkenalan dengan ragam budaya lokal.

Saatnya sekarang berkenalan dekat dengan destinasi nasional, yang terkenal dengan kekayaan dan keunikan budaya, tradisi, bahasa, dan alam yang indah. Kunjungilah situs-situs budaya dan bila perlu ikutilah ritus-ritus budaya yang masih terpelihara di sana. Kegiatan ini dapat Anda lakukan di desa binaan wisata wayang Desa Wukirsari. Anda akan diajak untuk mengeksplorasi keragaman budaya lokal melalui belajar memahat dan mewarnai wayang.

Mencicipi aneka pangan lokal.

Bagi Anda pencinta kuliner, manjakanlah diri Anda dengan mencicipi berbagai makanan khas, yang tentu saja berbeda-beda dari satu daerah ke daerah lainnya. Anda akan tenggelam dalam ragam cita rasa yang berbeda, mengeksplorasi indera pengecap Anda dengan maksimal, dari yang paling manis, asam, pedas, hingga yang mengarah ke rasa pahit. Temukan citarasa terbaik dari desa binaan Aik Rusa Barehun yang memiliki tradisi makan yang disebut Bedulang. Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi makan bersama yang disajikan diatas dulang dengan menu makanan tradisional khas Belitung.

Mengasah kerajinan tangan lokal.

Desa wisata memiliki banyak keunggulan, salah satunya kerajinan tangan. Nikmatilah saat-saat berlibur ke desa dengan pengalaman membatik, menenun, mematung, membajak sawah, menanam padi, atau bermain gamelan, wayang, belajar tarian daerah, mengolah kopi, dan masih banyak aktivitas lainnya. Kegiatan menarik dan edukatif ini dapat Anda temukan di desa binaan Petingsari yang menawarkan kegiatan membajak sawah dan Gemah Sumilir untuk belajar membatik.

Penawar rindu ke kampung halaman.

Anda mungkin jenuh dengan kampung halaman dan ingin merasakan nuansa berbeda, tetapi tanpa menghilangkan kesan perdesaan. Desa wisata adalah pilihan terbaik menggantikan kerinduan Anda terhadap kampung halaman dengan nuansa yang berbeda. Suasana tradisional dan alamiah ini juga dapat Anda temukan di desa binaan Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek.

Mewahnya udara yang segar.

Udara desa memang tidak dapat dipungkiri merupakan kemewahan tersendiri bagi warga ibu kota. Dengan panorama yang indah, alam yang asri, rasa suntuk dan letih Anda dapat terbayar lunas. Oksigen yang masih asri dan alami ini dapat Anda nikmati di desa binaan Bukit Peramun yang merupakan sebuah perbukitan dengan pemandangan asri dan banyak pepohonan.

Jadilah pahlawan ekonomi.

EVP CSR BCA Inge Setiawati menegaskan, pengunjung tidak akan menyesal jika berniat mengunjungi desa-desa wisata yang menjadi binaan BCA. Berbagai pengalaman menarik dan tak terlupakan dapat dirasakan bersama sanak keluarga ketika berada bersama di desa-desa wisata BCA. Anda juga menjadi pahlawan ekonomi bagi masyarakat lokal. Dengan berkunjung ke desa wisata, menghabiskan beberapa malam di sana, Anda turut terlibat memajukan ekonomi lokal. Tidak lupa, Inge juga mengajak masyarakat untuk menyempatkan diri melakukan wisata belanja produk-produk lokal dari setiap desa.

Sandiaga Uno pun menuturkan “terdapat tiga aspek yang harus dijunjung di desa wisata yaitu ekonomi, lingkungan dan masyarakat. Sudah saatnya kita melakukan akselerasi terhadap pariwisata dengan bergerak cepat dan gerak bersama,” di tengah sesi talkshow. Sandi pun mengapreasiasi langkah BCA yang senantiasa memberikan pendampingan terhadap desa wisata di tengah pandemi.

Seperti diketahui, BCA telah mendampingi 12 Desa Wisata, di antaranya Wirawisata Goa Pindul di Yogyakarta, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta, Wisata Wayang Desa Wukirsari di  Yogyakarta, Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Doesoen Kopi Sirap di Semarang, Kampung Batik Gemah Sumilir di Pekalongan, Bukit Peramun di Belitung, Wisata Aik Rusa Berehun di Belitung, Gunong Lumut di Belitung, Kampung Adat Sijunjung di Sumatera Barat, Nagari Silokek di Sumatera Barat , dan Desa Wisata Pucak Tinggan di Bali.

Informasi terkait Desa Wisata BCA dapat Anda ketahui dengan mengikuti sesi talkshow interaktif yang ditayangkan di Instagram @goodlifebca, Youtube SolusiBCA, Facebook GoodLife BCA, Twitter @GoodLifeBCA.(*)

Talkshow LDR “Lihat Dari Rumah” – Presiden Direktur Jahja Setiaatmadja (ketiga dari kiri) bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno (keempat dari kiri) dan Indy Barends (kedua dari kiri) dalam kegiatan talkshow “Lihat Dari Rumah” pada Minggu (25/04). Melalui kegiatan ini, BCA mengajak masyarakat untuk melihat lebih dekat desa wisata binaan BCA yang memiliki ragam eksotisme.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2021)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2021, BCA melayani lebih dari 25 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.244 kantor cabang, 17.634 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat           : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon          : (021) 2358-8000

Fax                  : (021) 2358-8339

E-mail              : humas@bca.co.id

Desa Wisata BCA

BCA bekerja sama dengan komunitas-komunitas lokal untuk menciptakan peluang usaha dan kesempatan kerja di 12 desa wisata di seluruh Indonesia

 BCA memberikan bantuan kepada komunitas yang terkait dan lokasi-lokasi wisata, termasuk di dalamnya pemberian fasilitas kendaraan bagi turis, dan selama pandemi, BCA juga menyediakan fasilitas cuci tangan, thermometer, masker dan face shield.

BCA memiliki 12 Desa Wisata :

Yogyakarta

Wirawisata Goa Pindul

Potensi desa wisata berupa goa dengan sungai yang dapat diarungi sepanjang 350 meter dengan lebar 5 meter.

Desa Wisata Pentingsari

Potensi wisata Dewi Peri berupa wisata alam, wisata budaya, dan pertanian. Wisatawan juga dapat tinggal di pedesaan secara langsung bersama penduduk.

Wisata Wayang Desa Wukirsari

Potensi wisata yang dikenal dengan seni tatah sungging (kerajinan kulit) yang menghasilkan kerajinan wayang kulit serta kerajinan kulit lainnya. Desa ini juga menyediakan jasa edukasi budaya dalam rangka pelestarian wayang tradisional bagi generasi muda.

Banyuwangi

Desa Wisata Tamansari

Potensi wisata alam dengan kekayaan flora dan fauna. Kehidupan pedesaan dengan budaya pertanian dan perkebunan kopi, jagung, cengkeh, dan coklat menjadi daya tarik wisata sendiri. Desa ini juga melestarikan kebudayaan setempat berupa Tari Gandrung.

Pekalongan

Kampung Batik Gemah Sumilir

Potensi wisata sebagai salah satu sentra batik yang menawarkan sarana edukasi dan riset batik.

Belitung

Desa Binaan Gunong Lumut

Desa ini memiliki kekayaan flora yang tersebar di kawasan seluas 42.000 hektar, dengan puncak tertinggi 1.210 mdpl. Pada ketinggian 70meter menjelang puncak gunung akan terlihat hamparan lumut yang bentuk dan jenis beragam menutupi permukaan pohon, batu dan tanah.

Desa Binaan Bukit Peramun

Tujuan wisata bukin peramun dikembangkan menjadi titik untuk berfoto antara lain rumah hobbit, jembatan cinta, batu kembar dan mobil terbang. Bukit Peramun juga dikenal sebagai desa berbasis digital karena mengaplikasikan sistem QR Code untuk memperkenalkan jenis dan manfaat tanaman, serta menggunakan virtual guide.

Desa Wisata Aik Rusa Berehun

Desa ini menawarkan paket wisata seni dan budaya khas Belitung seperti makan bedulang, sebuah tradisi makan bersama yang disajikan diatas dulang dengan menu makanan tradisional khas Belitung. Makan bedulang menjadi pilihan yang tepat untuk menambah nilai kebersamaan anda bersama orang-orang terdekat.

Sumatera Barat

Kampung Adat Sijunjung

Potensi wisata yaitu mempertahankan kelestarian Rumah Gadang dan budaya Minangkabau.

Nagari Silokek

Merupakan kawasan Geopark nasional, yang menawarkan panorama yang eksotik, warisan geologi, serta keanekaragaman flora dan fauna.

Bali

Desa Wisata Pucak Tinggan

Memiliki objek wisata religi umat Hindu, Kharisma Pira Pucak Mangu dan potensi keindahan alam

Semarang

Doesoen Kopi Sirap

Dikenal karena memiliki puluhan hektar lahan budidaya tanaman kopi. Di desa ini pengunjung dapat memperoleh pengetahuan mengenai budidaya, pengolahan, dan penyajian kopi sembari menikmati keindahan alam.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker