Bangka BelitungSeputar Tambang

Semenjak Jadi Mitra Binaan PT Timah, Pempek Udang LEHO Tambah Produksi Setiap Hari

MUNTOK, seputarbabel.com – Produksi Pempek Udang LEHO dan Terasi Udang Cendol oleh kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Belo Bangka Barat (Babar) terus meningkatkan jumlah produksi setiap hari berkat campur tangan PT Timah melalui program Kemitraan yang diikuti.

Ketua Kelompok UMKM, Nurmala mengatakan, dengan adanya bantuan dari PT Timah TBk membuat kelompok UMKM mereka mampu memenuhi permintaan masyarakat. “Alhamdulillah sejak bermitra dengan PT Timah kurang lebih 3 tahun, produksi pempek yang biasanya hanya 20 kilogram per hari bisa nambah produksi kurang lebih 50 kilo per hari,” jelas Nurmala, Jumat (16/4/2021).

Berbagai jenis makanan dihasilkan oleh kelompok yang sudah menjalankan bisnis sejak 2015 itu. seperti pempek telor, lenjer dengan bahan baku udang, dan terasi udang cendol.

Menurut Nurmala, pempek dan terasi yang dibuat tak hanya di jual di pasaran Kota Muntok saja, namun juga merambah ke luar kota dan luar negeri.

“Ya, pernah dulu PT. Timah bawa pempek ke luar negeri untuk diuji coba, dan pernah juga dapat orderan dari teman yang di Jakarta order untuk mengirimkan pempek udang Leho ke Jakarta,” ungkap Nurmala

Tak hanya luar kota atau luar negeri lanjutnya, pempek udang LEHO juga kata Nurmala sering menerima orderan seperti kegiatan ulang tahun PT Timah dan orderan dari kegawai Pemda Babar.

Ia dan rekan-rekannya di kelompok UMKM Desa Air Belo pun merasa bersyukur atas bantuan PT Timah yang sudah berjalan sejak 2017. Mereka berharap PT Timah dapat berjaya dan terus mempertahankan komitmen membantu UMKM di masa mendatang.

“Terima kasih PT Timah, kami sangat bersyukur atas bantuannya selama ini. Berkat bantuannya pempek udang LEHO dan terasi udang cendol bisa memproduksi banyak lagi,” katanya. (rill/timah/red)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker