Bangka BelitungKABAR UTAMA

Ekspor Zirkon Di Tahan, Hendra Apollo Bilang Krisis Kepercayaan

 

Pangkalpinang, seputarbabel.com –Hendra Apollo wakil ketua I DPRD babel, Ikut angkat suara, terkait penahanan delapan kontainer berisi 200 ton zirkon yang akan diekspor ke Fujian, China beberapa hari yang lalu.

” dengan adanya aturan baru ini, memang zirkon harus dimurnikan sekitar 45 persen kadarnya itu, jadi kemurnian zirkon itu tidak ada mineral ikutan”, kata, politisi partai golkar, di DPRD babel, selasa ( 05/04/2021).

Menurut legislator partai golongan karya (Golkar) babel, mengindikasikan bahwa pengiriman zirkon selama ini masih mengikutsertakan mineral ikutan lainnya seperti monazite. sehingga, katanya, hal ini menyebabkan terjadinya krisis kepercayaan .

” kita ini tidak ada lagi yang bisa kita percaya, kita saat ini krisis kepercayaan. Patut diduga bahwa barang” itu masih mengandung mineral ikutan lainnya, bahkan diduga juga ada timah nya”, tegasnya.

Seperti diketahui, Monazite merupakan mineral ikutan yang terdapat pada penambangan pasir timah. menjadi salah satu harta karun yang dimiliki Provinsi kepulauan bangka belitung dengan nilai yang sangat tinggi.

Ia menyarankan, sebelum dilakukan pengiriman barang tersebut harus melewati pengujian di laboratorium dan harus dilakukan pengawasan secara ketat, sehingga tidak terjadinya hal -hal yang dapat merugikan negara.

” makanya harus ada pengetatan dari hasil Lab itu sendiri, karena hasil lab itu sebenarnya juga harus diawasi oleh masyarakat ditunjuk dalam hal ini pemerintah atau swadaya masyarakat agar jangan sampai terjadi kerugian negara”, tegasnya.

Menurutnya, bahwa provinsi Bangka Belitung harus menjaga sumberdaya alam dan mengelolanya dengan baik seperti monazite, pasalnya, monasite dibutuhkan sebagai salah satu sumber tenaga listrik, seperti sebagai bahan baku untuk pembuatan Batre, yang dapat menggantikan penggunaan sumberdaya migas.

“monazite inilah yang akan menjadi warisan kita sebenarnya, dengan adanya monazite kita harus mencegah Tindakan- tindakan yang bermain disitu. harus dicek kembali, jangan sampai terjadi kebocoran” SDA yang begitu mahal seperti zirkon dan monazite ini”, tegasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker