Bangka BelitungKABAR UTAMA

Sucofindo Segel 200 Ton Zirkon Milik PT CAL

Pangkalpinang, seputarbabel.com – 200 Ton Pasir Zirkon yang diduga Ilegal di Pelabuhan Pangkalbalam milik PT Cinta Alam Lestari disegel Sucofindo, Minggu (04/04/2021)

Zirkon yang akan di ekspor ke China tersebut disegel dengan dua nomor segel yaitu D-0448244 dan D-0448245

Penyegelan tersebut disaksikan oleh Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaludin, anggota Komisi VII DPR RI Bambang Pati Jaya, Ditreskrimsus Polda Babel dan Kasat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yamowa Haref

Dirjen ESDM bersama Ridwan Djamaludin bersama anggota komisi VII DPR RI Bambang Pati Jaya menyaksikan proses penyegelan Zirkon, Minggu 04/04/21

 

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan meminta Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Pangkalpinang agar tidak memberikan izin ekspor terhadap komoditi milik PT Cinta Alam Lestari.

Pasalnya, 8 kontainer berisikan 200 Ton Pasir Zirkon milik PT Cinta Alam Lestari diduga adanya kandungan material lain yang belum sesuai standar ekspor.

“Kami minta pihak Bea Cukai mencabut izin eksportir milik PT Cinta Alam Lestari.
Sebab, pasir zirkon ini belum di murnikan atau masih bercampur dengan monazit yang sangat kita larang untuk di ekspor.”ujar Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Minggu (04/04/2021)

Dijelaskan Erzaldi, Pasir Zirkon yang boleh di ekspor kalau sudah memenuhi kadar 65,5 persen sesuai dengan ketentuan yang telah di keluarkan oleh ESDM dan Kementerian Perindustrian.

” Karena Perda nya sudah jelas, terakhir mulai Januari tahun 2021 bahwa Pasir Zirkon yang keluar harus melalui pemurnian sampai 65,5 persen. PT Cinta Alam Lestari akan kita periksa, untuk mengenai sanksi kita merujuk pada aturan yang sudah ada.”jelas Erzaldi.

Sementara itu, Marcel yang di duga sebagai pemilik zirkon tersebut ketika dikonfirmasi mengatakan belum bisa memberikan komentar terkait hal tersebut

“Nanti ya pak, semua akan jelas. Mohon maaf sekarang saya tidak bisa jawab.”tulis Marcel saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker