KABAR UTAMA

Pelajari Penanganan Konflik Sosial Pada Masyarakat Tambang, Pemkab Sijunjung Sambangi Kabupaten Belitung

Tanjungpandan,Seputarbabel.com –Kabupaten Belitung kembali menerima kunjungan kerja dari Kabupaten luar. Kali ini Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat melakukan studi banding terkait penanganan konflik di Kabupaten Belitung pada selasa (09/02/2021).

Bupati Kabupaten Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan bahwa Kabupaten Sijunjung ingin mempelajari penanganan konflik sosial dari Kabupaten Belitung. Hal ini dikarenakan masyarakat Kabupaten Sijunjung masih berkutat pada usaha tambang. Kabupaten Sijunjung disebut memiliki potensi konflik akibat adanya tambang emas ilegal.

“Kita datang ke Belitung ini mau belajar dengan Belitung terkait penangan konflik akibat adanya tambang ilegal,” ungkap Yuswir saat memberikan sambutan di rumah adat Belitung.

Yuswir juga menyebutkan bahwa Kabupaten Sijunjung juga ingin belajar terkait pengembangan geopark. Kabupaten Belitung menjadi trend setter dalam pengembangan geopark, karena sudah mampu menembus level internasional.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menyebut Belitung sudah seperti miniatur Indonesia. Untuk penanganan konflik sosial, Kabupaten telah melakukan beberapa langkah strategis. Salah satunya dengan menggandeng organisasi-organisasi.

“Untuk meminimalisir konflik sosial, kita banyak menggandeng organisasi-organisasi seperti FKUB, Forum pembauran kebangsaan, organisasi keagaman,” ungkap Bupati Sahani.

Selain itu, untuk menjalin kekompakan, Bupati Belitung dan forkopimda rutin melaksanakan coffee morning. Forum ini menjadi ruang bagi Forkopimda membahas permasalahan yang terjadi di Kabupaten Belitung (Arlan/IKP)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker