BANGKA BARATBangka Belitunghealth

Rembug Desa Program CantingTimah

Seputarbabel.com, Bangka Barat – Sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dilakukan perusahaan PT Timah Tbk dengan berbagai aksi dan program. Menurunkan angka stunting kali ini menjadi konsen PT Timah bersama pemerintah setempat. Stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak, disebabkan kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimulasi tidak memadai.

Melalui progran CSR PT Timah Tbk terus melakukan berbagai program di wilayah operasional perusahaan. Bekerjasama dengan pemerintah desa (Pemdes) Air Putih dan Dinas Kesehatan Bangka Barat (Babar). Digelar Rembug Desa Program Cegah Stunting Intervebsi ke Rumah (CantingTimah), di balai desa  Air Putih.

Kepala Desa Air Putih, Ayun Permana mengatakan kegiatan CantingTimah dari PT Timah di Desa Air Putih diharap akan sangat bermanfaat mencegah stunting. “Kami apresiasi langkah PT Timah telah mendukung kegiatan ini. Harapan kami kegiatan ini dapat memberikan manfaat pencegahan stunting di masyarakat kami,” katanya.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Babar, Nurmala Anggraini menjelaskan angka stunting di desa ini tertinggi di Kecamatan Muntok. Pihaknya berharap program seperti ini dapat terus dilanjutkan. ” Desa Air Putih angka stuntingnya lebih tinggi dibandingkan desa lainnya di Muntok. Kami berharap PT Timah dapat meneruskan program ini ke desa desa lainnya dengan angka stuntingnya juga tinggi,” pintanya.

Kegiatan serupa telah dilaksanakan Dinas Kesehatan Babar sejak 2019, sebagai jalan menurunkan angka stunting terutama di Air Putih yang semula 15,27%  menjadi 12,3%. ”Partisipasi PT Timah membantu dalam hal penganggaran, tentu akan sangat membantu, karena anggaran yanga da nantinya bisa dialihkan ke desa lain,” ungkap Nurmala.

Kepala Puskesmas Muntok Harianto menambahkan terjadinya Stunting dimulai saat ibu hamil sampai anak berusia dua tahun. Stunting timbul karena gagal tumbuh akibat gizi buruk kronis, Kesadaran orang tua memperhatikan tumbuh kembang  janin sampai anak lahir hingga usia anak dua tahun sangat diperlukan. “Dengan adanya program dari PT Timah ini artinya ada keperdulian untuk penanggulangan dan pencegahan terhadap stunting diwilayah kerja Muntok  luar biasa,” terangnya.

Camat Muntok, Sukandi menyampaikan apresiasinya kepada PT Timah Tbk telah peduli terhadap penanganan stunting. “Terimakasih PT Timah yang telah peduli melalui program CSR membantu untuk berupaya mencegah terjadinya stunting di masyarakat sehingga dapat menekan angka stunting” terangnya.Berita Lain          Laman Awal          Berita Lainnya

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker