Bangka BelitunghukumKABAR UTAMANEK NGETOP

Ini Sebab Kenapa BKSAP Kunjungi Babel

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI bagian dari perangkat dewan untuk meningkatkan kerjasama antara parlemen melalui diplomasi total. Seperti diamatkan undang – undang (UU) 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3), dan UU 37 tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri. Tujuan mereka ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), bukan tanpa alasan.

Salah satu sebabnya adalah, asset sejarah Babel yakni Pasanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam sebagai bagian dari sejarah diplomasi menuju kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagaimana diketahui di Menumbing, Bangka Barat pernah disinggah Ir Soekarno dan Hatta saat diasingkan oleh Belanda. Begitu juga proses perjanjian Roem-Royen proses perundingannya juga dilakukan di Babel.

Hal tersebut dikataka Fadli Zon usai acara BKSAP Day di Kantor Gubenur Babel, Jumat (5/1/2021) didampingi Wakil Ketua DPRD Babel Muhammad Amin dan Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah. “Akan ada missing link dalam diplomasi Indonesia jika sampai kita menyampingkan kontek sejarah, sebagaimana pernah dikatakan Mohammad Hatta bahwa hakekat diplomasi Indonesia ialah kepentingan nasional dengan melibatkan seluruh komponen secara aktif,” paparnya.

Dijelaskannya, BKSAP memiliki empat desk strategis, desk kerjasama internasional, kerjasama regional, kerjasama bilateral dan kerjasama administrasi antar anggota. “Disini tempat yang tepat untuk menyampaikan tentang diplomasi Parlemen bahwa diplomasi harus ditetapkan oleh semua pihak, total diplomasi bukan hanya oleh kementerian Luar negeri atau diplomat yang ditunjuk saja, tetapi semua,” ungkap Fadli.

Dalam BKSAP Day bertajuk “Diplomasi Parlemen DPR RI di Masa Pandemi Covid – 19”, dijelaskan Fadli 3 tujuan diplomasi Parlemen. Meningkatkan saling pengertian antar negara. Saling membantu untuk meningkatkan kontrol terhadap pemerintah dan perwakilan rakyat dan meningkatkan legimitasi Demokrasi dari organisasi internasional antar pemerintah. “Kita bisa sampaikan apa yang menjadi konsen disuatu daerah/provinsi,  jadi ketika berada diluar pun bisa disampaikan potensi – potensi yang sangat besar seperti timah,  pariwisata maupun kekayaan lainnya,” tambahnya.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah menyampaikan sejauh ini Pemprov Babel terus berusaha meningkatkan dan mengoptimalkan lahan perkebunan dengan cara penambahan lahan dan mengalihfungsikan lahan untuk memenuhi kebutuhan di Bangka Belitung. Mengingat, penting untuk meningkatkan ketahanan pangan di Babel.

Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut, Ketua DPRD Babel Herman Suhadi dan unsur Forkopimda Babel beserta perwakilan akademisi dari Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Universitas Muhammadiyah Babel.Berita Lain          Laman Awal          Berita Lainnya

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker