BANGKABangka BelitungPANGKALPINANG

Uji Coba Tanam Porang di Lahan Bekas Tambang PT Timah

Seputarbabel.com, Bangka – Menjadikan lahan bekas tambang timah, memiliki nilai ekonomis kembali terus dilakukan PT Timah Tbk. Kali ini uji coba menanam porang dilakukan di lahan eks tambang PT Timah dengan menggunakan dua macam struktur tanah. Dimama uji coba dilakukan sejak akhir tahun 2020 lalu ini, diuji di lokasi berpasir dan di lokasi dengan struktur kaolin.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan kepada wartawan mengatakan hal ini. “Kita baru mulai melakukan uji coba diakhir tahun 2020, kita masih menunggu hasil panennya seperti apa. Nanti kalau ini berhasil, baru kita akan melibatkan masyarakat,” katanya.

Baca : Bantu Tambatan Perahu Nelayan

Baca : Masyarakat Belo Meras Senang

Proses ujicoba sedang berlangsung dan jika dilihat dari pertumbuhan vegetatif terbilang cukup baik. Hanya saja, masih diperlukan ujicoba hingga masa panen nantinya. Ini untuk bisa melihat sejauh mana keberhasilan penanaman porang di lahan bekas tambang. “Uji coba ini diusahakan dengan treatment alami seperti pupuk kompos,” ujar Anggi.

Dijelaskan pula uji coba tanaman porang ini menggunakan dua bahan tanam yang berbeda, pertama dengan menggunakan sistem umbi lalu dengan sistem khatak. Tanaman porang dipilih lantaran memiliki nilai ekonomis tinggi, sebagai komoditas ekspor untuk berbagai industri farmasi, kosmetik dan makanan.

Budidaya porang tidak rumit dibanding tanaman lain, dengan nilai jual cukup tinggi dan tanaman ini tidak memerlukan lahan luas. Jika uji coba porang di lahan bekas tambang berhasil, akan jadi salah satu alternatif pemanfaatan lahan bekas tambang agar menjadi lebih produktif. “Kalau ini berhasil, diimplementasikan di program reklamasi dan tentunya kita juga akan melakukan perlibatan masyarakat,” sambung Anggi.

Ia menjelaskan, saat PT Timah terapkan proses penanaman di program reklamasi mempertimbangkan banyak hal. “Yakni tanamannya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, bisa ditanam di lahan bekas tambang, memiliki nilai ekonomis, dan mudah diimplementasi masyarakat,” jelas Anggi.

Dalam pelaksanaan reklamasi PT Timah memprioritas pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaannya. Dengan begitu dihara pemanfaatan lahan reklamasi PT Timah bisa dioptimalkan masyarakat dan memberikan nilai ekonomis buat masyarakat. “Kedepan, jika berhasil kita juga akan berupaya mengembangkan ini di masyarakat,” ungkap Anggi.Berita Lain          Laman Awal          Berita Lainnya

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker