BANGKABANGKA BARATBangka BelitungBANGKA SELATANBANGKA TENGAHBELITUNGBELITUNG TIMURKABAR UTAMAPANGKALPINANG

Distribusi Vaksin Covid-19 Babel Harus Sinergis

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Upaya penanganan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terus berjalan. Distribusi vaksin Covid-19 salah satu upaya tersebut, terus akan dilakukan sehingga perlu sinergitas. Ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto dalam rapat di Ruang Tanjung Pesona, Kantor Gubernur, Komplek Perkantoran Air Itam.

Dalam rapat terkait pengawalan dalam pendistribusian dalam proses vaksinasi di 7 Kabupaten/Kota ini. Pendistribusian vaksin Covid-19 dilakukan dengan skema sesuai kesepakatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dengan 7 Kabupaten/Kota. “Kita harus saling bersinergi dalam proses penyaluran vaksin pada termin berikutnya dalam rangka mempercepat pemulihan pandemi Covid-19,” kata Naziarto.

Ia menjelaskan dalam skema penyaluran vaksin Covid-19 Babel, melibatkan Polda Babel, Polres, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Ini bertujuan agar mutu vaksin terjaga hingga di fasilitas kesehatan. “Hal ini dilakukan untuk menghindari over lap, sehingga kabupaten/kota dapat bertindak sesuai tanggungjawab dan wewenangnya,” pinta Naziarto.

Pengawalan Vaksin Covid-19 Babel, akan dimulai jika distribusinya telah tiba di Bandara Depati Amir. Pemprov Babel dan Polda Babel akan mengawalinya hingga di Gudang Vaksin Dinkes Provinsi. Ketika pendistribusian ke Kabupaten/Kota maka akan menjadi tanjungjawab Polres, BPBD dan Dinkes Kabupaten/Kota.

“Kecuali Belitung, pendistribusian akan dilakukan Pemprov Babel dengan dikawal Polda Babel dari Gudang Vaksin Dinkes ke Bandara Depati Amir. Sampai Bandara HAS Hanandjoedin (Belitung), menjadi tanggung jawab Polres dan BPBD untuk menuju Gudang Vaksin Dinkes,” papar Naziarto dalam rapat yang juga dihadiri Kepala BPBD se Babel secara virtual ini.

Babel telah mendistribusikan Vaksin Covid-19 untuk Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) dalam dua termin. 5 Januari 2021 sebanyak 6.280 vial dan 6 Januari 2021 sebanyak 4.000 vial. Vaksin tahap pertama hanya didistribusi ketiga Kabupaten/Kota, baru pada tahap dua, tujuh Kabupaten/Kota mendatap kuota.

Berikut rincian vaksin tahap pertama, yakni Kota Pangkalpinang sebanyak 4.760 vial, Kabupaten Bangka sebanyak 3.560 vial dan Belitung sebanyak 1.960 vial. Sedangkan tahap kedua, Kabupaten Bangka mendapat vaksin sebanyak 2.720 vial, Bangka Barat, 2.640 vial, Bangka Tengah, 2.320 vial, Bangka Selatan, 2.240 vial, Belitung Timur, 2.200 vial, Belitung 800 vial dan Kota Pangkalpinang 120 vial.Berita Lain          Laman Awal          Berita Lainnya

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker