KABAR UTAMA

Tertibkan Tambang Ilegal Hutan Air Anyir

Seputarbabel.com, Bangka – Jajaran Polsek Merawang pimpinan Kapolsek AKP Alief Rakhman Banyu Aji. Bersama UPTD Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Sigambir Kotawaringin. Menertibkan pelaku tambang ilegal (TI) di kawasan Hutan Lindung (HL) Desa Air Anyir, Merawang, Selasa (26/1/2021) pagi.

Diduga operasi penertiban telah bocor, karena tiba di lokasi tidak ada aktivitas penambangan. Memang ada 5 unit ponton yang sedang dibongkar, namun bukan oleh pemilik ponton sebenarnya. Didampingi Kepala KPHP Sigambir Kotawaringin, Bambang Trisula, Kapolsek mengatakan ini bukan kali pertama dilakukan operasi. “Sebelumnya sudah kita lakukan penertiban dan pemasangan spanduk,” kata Alief.

Pukul 10.00 WIB, tim Polsek Merawang bersama KPHP Sigambir Kotawaringin, menuju lokasi. Ketika tiba di lokasi tidak ditemukan aktivitas penambangan, hanya ada 5 unit ponton sedang dibongkar para pekerja. Mereka mengaku sebagai pemilik, namun hasil penyelidikan diketahui mereka hanya pekerja.

“Kita ingatkan lagi kepala penambang, kalau sebelumnya sudah ada langkah persuasif dan pemasangan spanduk larangan menambang. Jadi jangan salahkan kami kalau ke depan kami tindak tegas dengan ancaman hukuman yang tidak sebentar,” tegas Alief.

Ia menambahkan jika setelah melakukan operasi, anggotanya tetap akan memonitor aktivitas tambang ilegal. Sudah pasti akan melakukan patroli terhadap kawasan hutan produksi maupun HL di wilayah hukumnya yang telah mereka tertibkan. “Polanya seperti apa, itu internal kami yang tahu, tapi pastinya akan kita monitor terus, terutama wilayah HP dan HL yang sudah kita tertibkan sebelumnya,” ungkap Alief.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker