BANGKA BARATBangka BelitungKABAR UTAMA

Ini Konsep Baru Museum Timah Muntok

Undang Daya Tarik Pengunjung

Seputarbabel.com, Bangka Barat – Agar menjadi daya tarik pengunjung, Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok tahun ini melakukan berbagai terobosan baru. Beberapa sarana prasaran dan inovasi dilakukan pihak pengelola Museum Timah Muntok (MTI Muntok). Tujuannya agar kunjungan wisatawan ke Museum Muntok meningkat.

Menurut Kepala MTI Muntok Fakhrizal, tahun ini mereka akan memperbaiki galeri, membuat spot foto menerapkan konsep tiga dimensi (3D) yang berkaitan dengan penambangan timah, menambah mini teater tentang sejarah timah. “Untuk mendatangkan kunjungan kita memiliki beberapa agenda dan kegiatan. Kita juga membangun sarana dan prasarana baru yakni mini zoo dan galeri kerajinan timah,” sambungnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Fakhrizal mini zoo akan menjadi daya tarik, merupakan mini zoo tentang binatang endemic Bangka. Di Galeri Kerajinan Timah pengunjung akan dapat melihat proses pembuatan pewter. “MTI Muntok berencana akan menambah koleksi museum seperti batuan geologi pembawa mineral timah, logam timah dari masa ke masa,” tambah Fakhrizal.

Tingkat kunjungan wisata Museum Timah Muntok tahun 2020 menurun, hanya 39% dibandingkan tahun 2019. Tahun 2020 jumlah pengunjung tercatat 5.942 orang, sedangkan di tahun 2019 mencapai 15.050 pengunjung.

“Memang terobosan tadi bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2021, karena kita ketahui bersama selama masa pandemi Covid-19 museum sempat tutup beberapa bulan dan angka kunjungan menurun,” jelas Fakhrizal.

Ia menambahkan, minat masyarakat lokal mengunjunggi museum cukup baik dan didominasi kalangan pelajar. Untuk minat wisatawan nusantara lebih tinggi, dikarenakan pelancong dari luar Babel lebih tertarik untuk mengetahui informasi tentang pertimahan di Bangka.

Berita Lain          Laman Awal          Berita Lainnya

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker