BANGKA BARATBangka BelitungKABAR UTAMAPeristiwaSeputar Tambang

KIP Mitra PT Timah Salurkan Sumbangan

Melalui Bank BRI

Seputarbabel.com, Bangka Barat – Kapal Isap Produksi (KIP) Mitra PT Timah Tbk di perairan Laut Belo, menyalurkan sumbangan kepada masyarakat. Kali ini perdana dilakukan dengan menggunakan sistem perbankan yakni Bank BRI. Sosialisasi penyaluran bantuan dilakukan Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansyah.

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan acara bakti sosial pembagian 200 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Kapolres mengatakan, sebelumnya panitia sumbangan KIP Belo Laut sudah menyepakati sumbangan dari KIP akan disalurkan kepada masyarakat. Sumbangan ini nantinya juga akan digunakan untuk membangun desa Belo Laut.

“Minggu lalu kita sudah bertemu dengan para pihak dan kita sepakat untuk bersama-sama membangun Belo Laut, untuk menjadi contoh bagi masyarakat wilayah Bangka Barat yang kita cintai ini. Distribusi sumbangan yang kita sepakati dengan PT Timah, Mitra, dan masyarakat melalui pihak perbankan yaitu Bank BRI,” ujar Fedrian

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 916 rekening masyarakat dan 32 rekening nelayan sudah terkumpul. Pada Bulan Januari, Mitra PT Timah telah menyalurkan dana bagi 884 rekening masyarakat senilai Rp 550 ribu dan ke rekening 32 nelayan sebesar Rp 650 ribu.
“Bulan Januari ini dari 916 rekening, 884 rekening masyarakat sudah ditransfer sebesar Rp 550 ribu dan untuk nelayan dari 180 nelayan baru 32 nelayan minta dibuatkan rekening dan sudah ditransfer sebesar Rp 650 ribu,” kata Fedrian.

Kapolres mengatakan, nominal sumbangan yang akan diberikan fluktuatif berdasarkan hasil produksi dari KIP itu sendiri. Menurutnya, dengan disalurkannya sumbangan melalui rekening maka sumbangan langsung diterima masyarakat tidak melalui panitia.

“Ini akan berkembang, karena berdasarkan produksi bulan Desember itu baru sekitar 50% produksi yang dihasilkan. Mudah-mudahan di bulan berikutnya produksinya bertambah, sehingga masyarakat yang mendapatkan sumbangan dari Mitra ini bisa lebih banyak, dan hasilnya lebih dirasakan oleh masyarakat,” terang Fedrian.

Ia pub mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Belo Laut. “Mari kita bersinergi untuk membangun desa Belo Laut. Terimakasih juga kepada panitia, yg sudah ada, yang sudah mengawal terlaksananya pendistribusian sumbangan,” sambung Fedrian.

Ia mengajak, masyarakat yang belum mengumpulkan data untuk membuat rekening segera mengumpulkan data kepada panitia, sehingga nantinya bisa langsung merasakan sumbangan hasil produski KIP. Dirinya juga menyebutkan, masyarakat tak perlu khawatir bagi yang belum membuat rekening uangnya masih tersimpan di rekening mitra penampung.
“Jadi begitu bapak-ibu membuat rekening uangnya langsung dimasukkan kedalam rekening yang nantinya dibuat, saya minta seperti itu,” harap Fedrian.

Kapolres berpesan, hadirnya KIP diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, program yang bisa mendukung agar dapat dikomunikasikan oleh semua pihak.
“Kemudian program-program lain, saya minta dan saya harapkan apa yang bisa mendukung kegiatan masyarakat, fasilitas-fasilitas yang perlu dibangun silahkan dibicarakan kepada masing masing panitia di dusun. Jangan sampai dengan adanya produksi di perairan Belo Laut, masyarakat itu tidak mendapatkan manfaat, supaya masyarakat dapat peningkatan kesejahteraan,” tutup Kapolres.

Sementara itu perwakilan BRI Rian menjelaskan bantuan untuk KIP sudah terdata dan telah siap disalurkan. BRI akan menyiapkan Mobil keliling untuk penyaluran dana sumbangan kepada masyarakat. Proses penyaluran bantuan dari KIP sudah betul betul terdata dan penyalurannya langsung dari rekening penampungan ke rekening masyarakat.
“Untuk penyaluran sudah kami salurkan per hari Senin, (17/1/2021) transaksi penarikan sudah bisa dilakukan masyarakat,” katanya.

Berita Lain          Laman Awal          Berita Lainnya

Menurutnya, untuk penyaluran yang semula direncanakan menggunakan kartu ATM terpakasa ditunda lantaran ada beberapa kendala. Namun, pihaknya akan memberikan fasilitas penarikan tunai dengan mobil keliling sehingga masyarakat tidak harus ke Bank.
“Mobil langsung ke tiap dusun. Senin ini buat masyarakat yang sudah memiliki rekening agar berkumpul agar langsung digunakan uangnya. Bagi yang belum mohon untuk warga segera melakukan pengumpulan KTP dan KKnya, karena sayang, kalau kita sudah diberi rezeki, diambil rezekinya,” jelas Rian.

Sosialiasasi ini turut dihadiri Kabag Waskip Sugartha, Kadus dusun 2 David, Perwakilan Mitra, Panitia, Kasat Intel, Kasat Polair, serta masyarakat penerima bantuan.

Berita Lain          Laman Awal          Berita Lainnya

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker