Bangka BelitungKABAR UTAMANEK NGETOPPANGKALPINANG

Sebut Indikator Pilkada 2020 Sukses

Anggota Komisi II DPR RI

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020, memiliki angka partisipasi diatas 76 persen. Penerapan protokol kesehatan (prokes) dengan logistik terkait pencegahan penyebaran Covid-19 tidak ada kendala. Kerumunan di tempat pemungutan suara (TPS), tidak terjadi dan kesehatan masyarakat terjamin dari penularan Covid-19.

Itu semua menjadi indikator, membuat anggota DPR, Komisi II Bambang Patijaya sepakat dengan KPU RI. Yakni Pilkada 2020 serentak di 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota berjalan baik dan lancar. “270 pilkada di Indonesia sudah berjalan baik, tentu ada indikatornya kita mengatakan itu,” katanya kepada wartawan sore (23/12/2020) tadi.

Ditemui di rumah dinas Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pemilik tagline BPJ ini. Menerangkan target Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, partisipasi pilkada 2020 diangka 77,5 persen membuat pesimis. Jika melihat pilkada 2015, partisipasi hanya 68,82 persen. “Pertama bagaimana tingkat partisipasi masyarakat sesuai target 77,5 persen,” sambung Bambang.

Ia pun menceritakan Provinsi Sulawesi Utara mencapai 81,83 persen. 2 pilkada Kabupaten dan 1 Kota di Sulut angka partisipasi diatas 90 persen. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur 94,94 persen, Bolaang Mongondow 94,54 persen dan Kota Tomohon 91,98 persen. “Begitu juga di Babel partisipasinya diatas 70 persen,” sambungnya.

Ia pun menilai penerapan prokes di TPS dengan menyiapkan pencuci tangan, membagi waktu pencobolosan kepada pemilih. Sehingga tidak menimbulkan kerumunan di seluruh TPS di 270 wilayah berlangsung pilkada 2020. “Pelaksanaan protokol kesehatan dan logistik prokes juga tidak ada kendala,” tambah Bambang.

Indikator keberhasilan pilkada serentak 2020, karena walau diselenggara disaat pandemi COVID-19. Dimana penyebaran virus SARS-CoV-2 dengan tingkat sangat minim. “Terhindar dari terpapar masyarakat, terlihat dari kesehatan masyarakat dapat tetap terjaga dimana 270 wilayah pilkada berlangsung,” lanjut suami dari Lili Hendrawati ini.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker