Bangka BelitungBELITUNGBELITUNG TIMURFeaturedSeputar Tambang

Bukti Membangun Ekonomi Berkelanjutan Wilayah Pasca Tambang

Kampong Reklamasi PT Timah

Seputarbabel.com, Belitung Timur –KampongReklamasi PT Timah Tbk merupakan bentuk komitmen merehabilitasi lingkungan dan ekosistem lahan bekas tambang. Serta menerapkan program pengembangan pemberdayaan masyarakat (PPM) bagi perusahaan tambang. Sehingga pasca tambang, masyarakat sekitar lokasi memiliki potensi ekonomi yang berkelanjutan.

Kehadiran Kampong Reklamasi Selinsing, diakui telah menyediakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan desa dan pemberdayaan masyarakat. Tidak hanya itu, wilayah seluas 17,8 hektar dengan beberapa zona dan clauster hadirnya destinasi wisata baru.

Kepala Desa Selinsing Harianto, akui hal tersebut, bahkan sejak dengan konsep Agrowisata dan Edutourism. Pengelolaan kegiatan pariwisata telah disiapkan, kerjasama BUMDes dan PT Timah Tbk. “Dengan adanya Kampong Reklamasi PT Timah ini, pemuda melalui karang taruna dan LPM punya kegiatan mengelola wisata dan kegiatan guna meningkatkan perekonomian. Kita sudah bekerjasama dengan BUMDes dan PT Timah dari mulai mengelola kegiatan pariwisata, ternak sapi, pertanian dan pemancingan,” paparnya.

Ia memastikan jika Kampong Reklamasi Selinsing sejak awal mereka dukung, dengan tujuan dijadikan areal wisata oleh PT Timah. “Akan ada pemasukan untuk PAD Desa melalui Bumdes, dalam waktu dekat sapi yang kami ternak berumur satu tahun, tanaman cabai, jagung juga sudah mulai menghasilkan, ini jadi sumber PAD Desa,” tambah Harianto.

Menurut Wakil Bupati Beltim Burhanudin, reklamasi bukan hanya melakukan revegetasi dan mengembalikan lahan bekas tambang. Tetapi reklamasi harus memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi. “Ini contohnya kawasan reklamasi Selinsing, nantinya menjadi wisata dan ini harus memberi multiflier effect ekonomi bagi masyarakat sekitar,” kata Aan, sapaan akrabnya.

Ia pun menyampaikan tidak banyak yang menyadari lahan bekas tambang mampu disulap menjadi lahan produktif. Calon Bupati Beltim terpilih ini berpesan, agar masyarakat menjaga keamanan, kenyamanan dan merawat zona dan blok Kampong Reklamasi Selinsing. “Dirawat dan dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadi tempat yang aman dan nyaman, dan menjadi destinasi wisata baru di Belitung Timur,” harap Aan.

Ia pun mengatakan, agar masyarakat tidak berburuk sangka terhadap aktivitas penambangan. Karena di Beltim, PT Timah Tbk memiliki izin usaha pertambangan (IUP). “Tinggal bagaimana kita membuka diri, tidak memiliki sikap untuk berburuk sangka dulu terhadap sebuah kegiatan yang dilaksanakan. Kita ingin Belitung Timur ini yang ada IUP PT Timah nya ini bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Belitung Timur,” tambah Aan.

Sedang Direktur Operasi dan Produksi (DirOps) PT Timah Tbk Agung Pratama membenarkan Kampong Reklamsi Selinsing bentuk komitmen perusahaan. Dalam mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. Serta melakukan penambangan dengan prinsip-pinsip good mining practices.

“Kampong Reklamasi Selinsing merupakan bagian dari upaya Perusahaan untuk menata, memulihkan, dan memperbaiki kualitas lingkungan dan ekosistem, agar dapat berfungsi kembali sesuai peruntukannya,” terang Agung.

Ia menceritakan sebelumnya kondisi rona awal eks tambang ini merupakan tailing, kolong, rawa dan vegetasi dengan topografi lahan yang belum stabil. “Melalui BUMDes, masyarakat terlibat dari mulai kegiatan penanaman, pemeliharaan, pemanenan, pembibitan. Lalu perawatan hewan ternak sampai kebersihan kebun dan sarana prasarana,” papar Agung.

Ia menambahkan seluruh project Kampong Reklamasi PT Timah Tbk diharapkan memberikan manfaat secara ekologis, ekonomis serta sebagai sarana edukasi dan destinasi wisata baru. “Kalau untuk Kampong Reklamasi Selinsing tentu destinasi wisata baru yang akan menarik wisatawan ke Belitung Timur,” tambah Agung.

Jumat (11/12/2020) lalu, fishing villa dan PLTS Terapung di Kampong Reklamasi Selinsing PT Timah Tbk diresmikan Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin. Telah dibangun 2 Kampong Reklamasi PT Timah Tbk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kampong Reklamasi Air Jangkang di Kabupaten Bangka dan Kampong Reklamasi Selinsing di Belitung Timur (Beltim).

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker