Bangka BelitungBELITUNG TIMURKABAR UTAMANEK NGETOPSeputar Tambang

Gunakan Energi Terbarukan PT Timah Lahirkan Destinasi Wisata Terpadu

Kampong Reklamasi Selinsin Edutourism

Seputarbabel.com, Belitung Timur – PT Timah Tbk menyiapkan lahan bekas tambang di Dusun Selumar, Selingsing, Gantung, agar menjadi kawasan wisata baru di pulau Belitung. Dengan lahan 17,8 hektar, Kampong Reklamasi Selinsing punya infrastruktur pendukung menjadi destinasi wisata terpadu. Agar suplai listrik berkelanjutan akan disiapkan energi terbarukan lewat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Lokasi reklamasi tersebut mempunyai PLTS Atap Terapung 10 KWt, inilah cara PT Timah meyiapkan energi terbarukan. PLTS tadi berada di tengah kolong bekas tambang, ini terupakan salah satu cara PT Timah Tbk untuk menyiapkan energi baru terbarukan. Kampong Reklamasi Selingsing tawarkan konsep agrowisata dan edutourism pasti akan menjadi daya tarik pelancong.

PLTS terapung ini akan berdiri di tengah kolong bekas tambang. Ini merupakan salah satu cara PT Timah Tbk untuk menyiapkan energi baru terbarukan. Di kawasan ini bakal dibangun fishing villa menghadap lobang yang dulunya galian tambang timah. Kawasan fishing villa itu kini menghadap danau (kolong,red) akan berikan sensasi memancing tidak seperti biasanya.

Juga ada zona budidaya perikanan air tawar gunakan sistem Kerambah Jaring Apung (KJA), dengan jenis ikan bawal, patin, lele dan nila. Kampong Reklamasi Selinsing juga menghadirkan banyak spot menarik dan ikonik seperti penunjuk jalan berbentu pensil instalasi giant keyboard, parabolic shelter dan replika kopi tumpah.

Bagi pelancong yang tertarikan dengan tanaman bisa nikmati 3 klaster di zona tanaman, yakni klaster tanaman buah, tanaman holtikultura dan tanaman endemik lokal. Klaster endemik lokal ditanam seperti pelepak belangiran, pohon dungun dan bulih. Tanaman buah jenis jambu, mangga dan durian mengisi klaster tanaman buah.

Kedepannya, akan dikembankan dengan membangun bangunan berbentuk kapal keruk, taman bunga, bumi perkemahan, play ground dan parabolic shelter. Akan disiapkan taman Dermaga Sepeda Air, Dermaga Pemancingan dan Dermaga Batu Satam. Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan menyampaikan, rehabilitasi lingkungan seperti ini tidak hanya di Belitung Timur.

Berbagai komitmen perusahaan memang dilakukan dengan tujuan meningkatkan perekonomian daerah sekitar wilayah operasi maupun yang akan mereka tinggalkan. Anggotag Industri Tambang ini nantinya akan menjadikan kawasan proyek reklamasi tidak hanya destinasi wisata pilihan masyarakat. Begitu pun rehabilitasi laut, juga mengembalikan ekosistem laut berbabasis nilai ekonomi bagi pendapatan masyarakat.

Ia pun menyampaikan PT Timah punya harapan wisata dengan konsep terpadu ini, menjadi wahana edukasi tentang pertambangan dan pasca tambang. “Ini upaya kita bersinergi dengan langkah – langkah konkrit mendukung pariwisata di Belitung Timur. PT Timah akan bersinergi dengan berbagai pihak bangun destinasi wisata alternatif dengan memanfaatkan lahan eks tambang guna merehabilitasi lingkungannya,” papar Anggi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker