BANGKA BARATBangka Belitunghealth

Sinergi PT Timah, Bersama Berikan Keperdulian Buat Masyarakat Belo Laut

Seputarbabel.com, Bangka Barat – Program sinergi PT Timah Tbk kini menyalurkan bantuan kepada nelayan Belo Laut. Sinergi bersama TNI dan Polri ini dilaksanakan dalam bentuk bakti sosial dan pengobatan gratis. 300 paket sembako serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Desa Belo Laut dilakukan.

Kegiatan ini dilaksanakan tim CSR PT Timah diikuti banyak masyarakat, terlihat mereka antusias mengikuti program. Hadir Kepala Bidang Unit Penambangan Laut Bangka Ronanta, Perwakilan Polres Bangka Barat (Babar) dan Perwakilan Kodim 0431/Babar.

Penerima bantuan bakti sosial, Abdullah menyambut baik kegiatan ini. Diakuinya program ini sangat menyentuh, sehingga bukan hanya ucapan terimakasih tapi doa pun diucapkan agar produksi PT Timah dapat capaian terbaik. “Semoga (PT Timah) berhasil dan tetap sukses dan bisa melanjutkan program – program seperti ini,” terangnya.

Ketua RT 02 Dusun 3 Belo Laut, Bahrom menilai program sinergi PT Timah Tbk bersama TNI dan Polri ini membantu masyarakat. “Adanya aktivitas KIP di Belo Laut ini, sudah seharusnya memberi efek pada pertumbuhan pembangunan, sehingga dirasakan baik oleh masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap para panitia dapat transparan dalam mengelola pemberian dari unit produksi mitra PT Timah Tbk tadi. Dengan begitu diyakini pemberdayaan masyarakat harusnya dilakukan, diluar program CSR PT Timah Tbk. “Harus ada transparansi pihak panitia dalam pengelolaan, dengan pemberdayaan masyarakat,” harap Bahrom.

Ia pun menceritakan jika ini buka kali pertama perairan di Belo Laut ada aktivitas penambangan. Sepengetahuan Bahrom wilayah tangkap nelayan dan lokasi penambangan KIP sangat jauh. Dengan begitu aktivitas penambangan di laut tidak mengganggu aktivitas nelayan. “2012 lalu, 27 KIP beroperasi di laut Belo dan tidak menggangu wilayah tangkap nelayan,” kenangnya.

Farida mengaku, pandemi Covid-19 telah berdampak pada pendapatannya. Karena ia harus berhenti berjualan kue, akibat dagangan yang dijual keliling tiap hari tidak laku. “Alhamdulillah pembagian ini akan sangat membantu, akibat corona kue jualan tidak laku dan ini sangat membuat biaya hidup sehari – hari kami sulit,” keluhnya.

Pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan dengan mengunjungi masyarakat langsung. Ini dikatakan dr Karsen, tim pemeriksa kesehatan dalam program di Belo Laut. “Pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol dilakukan dengan sistem jemput bola, bukan saja agar kesadaran masyarakat meningkat tapi bisa untuk mendeteksi dini potensi penyakit sehingga bisa ditangani dengan cepat,” paparnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker