BELITUNGKABAR UTAMANEK NGETOP

Bung Black Desak Bupati Belitung Keluarkan Perbub Tentang Protokol Kesehatan

Belitung, seputarbabel.com – lagi-lagi akibat Penyebaran covid 19 di Kabupaten Belitung, pasien 1869 terkonfirmasi positif Covid-19 inisial AH, perumpuan berusia 59 tahun meninggal dunia, pada Jum’at (27/11/2020).

Kabar duka tersebut mendapatkan respon serius dari Forum Kerja Bersama (FKB) yang terus memantau pemerintah dan mengingatkan kepada masyarakat agar lebih disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, juru bicara FKB Bung Black mengatakan banyaknya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 disebabkan oleh transmisi lokal yang sudah tidak terkendali.

“Saya meminta kepada pemerintah agar terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19. Harus segera ditingkatkan,” kata Bung black.

Terkait dengan hal itu, Bung Black meminta dengan tegas kepada Bupati Belitung untuk segera mengeluarkan Perbup tentang protokol kesehatan dan mengatur sangsi pidana bagi yang melanggar Perbup protokol kesehatan tersebut.

Selain itu, Black juga menyampaikan bahwa pemerintah wajib mengeluarkan pernyataan tentang membatasi dan mengurangi kegiatan yang berkerumun atau berkumpul dalam satu lokasi atau ruangan, serta menunda atau menjadwal ulang kegiatan-kegiatan untuk mengumpulkan orang banyak sampai situasi penyebaran atau penularan Covid-19 dapat dinyatakan terkendali.

Lebih lanjut, FKB juga menghimbau bahwa di dalam Perbup itu juga harus mengatur larangan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) melaksanakan dinas luar dalam kurun 14 hari kerja.

Hal ini bertujuan untuk menghindari pandangan masyarakat bahwa pejabat pemerintah daerah sendiri bebas melakukan perjalanan, apalagi dengan jumlah peserta yang banyak, tapi masyarakat kegiatannya dibatasi secara ketat,katanya.

Kemudian, Bung Black memaparkan, berdasarkan data, “positivity rate” penyebaran Covid-19 ini sepertinya di sebabkan oleh transmisi lokal di Kabupaten Belitung yang mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

“Kita juga menghimbau kepada gugus tugas Covid-19 untuk terus memantau dan membuat surat pernyataan bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, agar selalu mematuhi ketentuan isolasi mandiri serta tidak pergi ke mana-mana,” tegasnya.

Lanjutnya, ileh karena itu, Gugus Tugas Desa, RW, sampai ke tingkat RT agar segera diaktifkan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker