Bangka BelitungBANGKA SELATANFeaturedKABAR UTAMANEK NGETOP

Rumah Janda Pensiunan Guru Jadi Urusan PT Timah

Bangun Rumah Baru Layak Huni

Seputarbabe.com, Bangka Selatan – Program CSR Rumah Layak Huni bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan. Membuat Martini (67) warga RT 6, Dusun I, Bangka Kota ini, tidak perlu lagi khawatir saat tinggal di rumah reotnya. Karena rumah papan nyari roboh milik janda pensiunan guru ini, telah diroboh Bidang Bina Lingkungan CSR anggota Holding Industri BUMN Tambang ini.

Secara simbolis, PT Timah Tbk, Martini, warga dan perangkat desa Bangka Kota merobohkan rumah lama janda pensiunan guru ini

Martini resmi menerima program rumah layak huni ini, Rabu (25/11/2020) siang, ia didampingi langsung Kepala Desa Bangka Kota, Kurniawan. Penyerahan dilakukan PT Timah secara simbolis oleh Kabid Bina Lingkungan Mohamad Ridhwan, mewakili Kadiv CSR Rendy Kurniawan. Proses penyerahan, diawali perobohan rumah kayunya, bersama masyarakat dan unsur pemerintah desa (pemdes).

Baca : Berita Terkait Sebelumnya

Usai penyerahan, merobohkan, perwakilan, Ridwhan pun bersama Kades mendampingi janda ini masuk ke rumah barunya. Ridwhan kepada wartawan mengatakan jika program ini merupakan bagian dari kewajiban perusasahaan. “Dibangun dengan dana program CSR PT Timah, kemudian secara swadaya melibatkan masyarakat dan karyawan,” ungkapnya.

Dibangun Secara Swakelola Bersama Warga Sekitar, Dengan Dana Dari Bidang Bina Lingkungan CSR PT Timah, Kini Martini Miliki Rumah Layak Huni

Usai meninjau, disela – sela rangkain acara Ridhwan mendapati jika Martini walau punya rumah baru. Ia masih kesulitan air bersih, namun menurut Kurniawan. Selama ini, mereka telah mengajukan rumah ini ke APBD sehingga air bersih akan menjadi urusan pemdes. “Wah terima kasih nih pak kades, mau bersinergi. Saya titip rumah warganya ya pak,” jawab Ridwhan.

Kades Bangka Kota, Kurniawan didampingi sekretaris desa (sekdes) Faturahman membenarkan jika mereka akan menyiapkan instalasi air bersih gratis. Bukan karena anggaran air bersih tidak disiapkan PT Timah, tapi air kawasan pemukiman tadi, berwarna kuning dan berbau. “Kita 2018, sudah ajukan ke pemda tidak ada anggaran, dan kita coba ke PT Timah, akhir tahun 2019,” cerita Kurniawan.

Mewujudkan harapan masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni, terus menjadi komkmitmen PT Timah Tbk. Program RTHL PT Timah menurut Kabid Komunikasi PT Timah Tbk, Anggi Siahaan adalah program merealisasikan rumah sehat. “Beruntung, pemdes mau bersinergi. Ini memang bentuk sinergi, PT Timah terus bersinergi dengan pemerintah mewujutkan,” katanya.

Pembangunan rumah layak huni adalah program rutin yang terus dilakukan PT Timah menurutnya. Melalui program ini diharapkan masyarakat dapat terbantu dengan rumah yang layak dan sehat. “Rumah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat, kita berupaya membantu RTLH atau yang kita sebut dengan rumah sehat yang dibangun lengkap dengan sanitasinya,” ungkap Anggi.

Pembangunan rumah layak huni bagi emiten berkode Tins ini dilakukan sebagai bentuk sinergi PT Timah dengan pemerintah mempercepat pengentasan permasalahan rumah tidak layak huni. “Rumah adalah keutamaan untuk membentuk sumber daya manusia, kesehatan keluarga dan pendidikan sehingga sudah seharusnya berkategori sehat,” kata Anggi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker