BANGKABangka BelitungFeaturedKABAR UTAMANEK NGETOPPeristiwa

Hasil Tangkapan 10 Ton Ikan, Sebelumnya Lokasi KIP Beroperasi

Seputarbabel.com, Bangka – Nelayan di KM Adi Jaya 01 ketiban rezeki, tangkapan mereka mencapai 10 ton ikan duri. Lokasi mereka menjaring berada di perairan Air Kantung, dimana sebelumnya Kapal Isap Produksi (KIP) beroperasi. Ikan duri diketahui memang senang berkumpul pada perairan keruh, sehingga menjadi rezeki tersendiri bagi mereka. Karena tangkapan mereka, hanya 1 – 2 mil dari bibir pantai.

Ini diceritakan Iskandar, salah satu personil di KM Adi Jaya 01 tadi. Dipastikan jika, jika lokasi tadi memang bekas beroperasi KIP, hanya saja tidak diketahui milik PT Timah atau mitra. “Karena lokasi belumpur bekas camui KIP, kemungkinan besar ikan duri bertelur, pada musim teduh ikan ini akan muncul,” ceritanya.

Mereka menjaring sekitar 1 – 2 mil di perairan Air Kantung, dengan kondisi laut berlumpur dipastikan Iskandar justru terdapat berkah tersendiri bagi mereka. Laut ditambang, pun ternyata memberikan keuntungan tersendiri bagi nelayan. “Bagi kami tidak ada pengaruh KIP mau kerja atau tidak, karena bagi kami KIP beroperasi tidak ada masalah dengan tangkapan,” ungkapnya.

Ia pun berharap segala sesuatu dapat disikapi dengan bijak. Karena mereka dengan meyakini rezeki sudah ada yang mengatur, alhasil mampu mengangkat 10 ton ikan duri pada lokasi bekas KIP beroperasi. “Kadang kami melaut jauh, ini rezeki cuman 1 – 2 mil dapatnya 10 ton dan lokasinya sebelumnya camui KIP,” papar Iskandar.

Ia menjelaskan jika ikan duri senang bertelur di perairan keruh, hanya saja sebelumnya mereka memang telah mengamati ikan di lokasi tadi. Ketika sudah memastikan ikan terdapat di bekas KIP beroperasi, mereka pun melepas jaring. “Sebelumnya kita amati dulu, ketika musim teduh ikan muncul di permukaan, ketika jaring kami kelilingi di lokasi tadi, pas diangkat hasilnya 10 ton,” jelas Iskandar.

Ia pun menambahkan jika tangkapan seperti ini buka tidak terencana. Karena menurutnya, pada awal tahun depan mereka akan kembali melakukan tangkapan dengan pola yang sama. “Semoga nanti pada bulan satu atau dua, tangkapan di lokasi kerja KIP beroperasi bisa lebih banyak lagi. Biasanya akan kembali banyak ikan duri usai bertelur,” tambah Iskandar.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker