KABAR UTAMA

Gubernur Serahkan Bantuan Kepada Petani Komoditi Holtikultura

Seputarbabel.com – NAMANG – Guna mendorong Produksi Komoditi Hortikultura, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyerahkan secara simbolis bantuan pemerintah kepada petani di area perkebunan Kelompok Tani Subur Lestari Desa Cambai Selatan, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Gubernur Erzaldi mengatakan, hampir 70 persen program kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel adalah bertemu dengan para petani. Karena, menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini, sektor pertanianlah yang bisa maju dan tumbuh untuk mendorong perekonomian rakyat.

Kegiatan ini, juga terbentuk, karena adanya kolaborasi yang dilakukan antara Pemprov Babel dan Pemkab Bangka Tengah, sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan.

“Saya sungguh bahagia dengan adanya kolaborasi antara Pemprov dan Kabupaten dalam mendorong peningkatan produksi petani. Semoga apa yang kita impikan bersama akan terwujud,” harapnya.

Pihaknya akan mendorong Desa Cambai ini, sebagai sentra hortikultura dengan mewacanakan pembangunan gudang/cool storage komoditi hortikultura.

Dengan adanya gudang tersebut, hasil produksi hortikultura tidak harus langsung dikonsumsi, mengingat daya tahan jenis tanaman ini. Selain itu, ini juga dapat mencukupi kebutuhan untuk Bangka Belitung sehingga tidak perlu mendatangkan komoditi dari luar.

Gubernur Erzaldi pada kesempatan Rabu (21/10/2020) itu, berpesan kepada para petani agar meningkatkan hasil produksinya. Pemprov dalam hal ini mendorong pemanfaatan program KUR dan memberikan jaminan pembeli.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi mengatakan, komiditi hortikultura dikembangkan secara terpadu berbasis kawasan dengan menjadikan Cambai sebagai sentra hortikultura.

Bantuan ini, katanya, menjadi kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Pemprov akan memberikan bantuan bibit, pupuk, serta pestisida, sedangkan Bangka Tengah memberikan sarana prasarana pendukung.

Setelah mendapat bantuan, diharapkannya para petani dapat mampu mandiri dengan memanfaatkan dana KUR

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker