KABAR UTAMA

AHY Sampaikan Catatat Kritis Kenapa Partai Demokrat Harus Menolak RUU Ciptaker

RUU Ciptaker melegalkan perampasan lahan sebanyak dan semudah mungkin untuk Proyek Prioritas Pemerintah dan Proyek Strategis Nasional. Dimana dapat dilaksanakan dan diserahkan kepada swasta. “Masalah lingkungan hidup juga menjadi catatan tersendiri dimana dalam RUU Ciptaker memberikan kemudahan
pembukaan lahan untuk perusahaan di berbagai sektor,” terang AHY.

Dukung Demokrat Tolak RUU Ciptaker

Kemudahan pengadaan lahan di bawah 5 hektar, juga diberikan UU Ciptaker kepada perusahaan. Padahal, wilayah perkotaan padat penduduk, luas 5 ha ditinggali oleh ratusan kepala keluarga. Pengaturan ini, bisa mengakibatkan penggusuran paksa dengan skala kecil sangat mudah oleh Pemerintah Daerah. “Hilangnya berbagai perizinan menyebabkan masyarakat kehilangan jalur upaya hukum untuk mempertahankan tanahnya,” keluh AHY.

Sentralisasi peraturan dari daerah ke pusat, membahayakan kehidupan demokrasi di Indonesia. Wibawa konstitusi dilecehkan dengan adanya aturan bertentangan dengan Putusan MK. “Dihidupkannya aturan kolonial di sektor perburuhan dan pertanahan. Kedua, RUU Ciptaker akan memberi legalitas bagi pemerintahan yang sentralistik,” tegas AHY.

Dengan pemberian kewenangan terlalu besar kepada pemerintah pusat, akan menjadikannya superior dibandingkan kekuasaan legislatif, yudikatif, dan pemerintah daerah. Padahal tujuan RUU ini mengefektifkan birokrasi. “Tetapi, aturan terbaru ini justru akan semakin merumitkan proses birokrasi karena tidak adanya kepastian dan kejelasan hukum dalam hal Perizinan Berusaha,” tutur AHY.

Laman sebelumnya 1 2 3
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker