Makam Lama Viral Karena Dijual Belikan, Kades Air Saga : Hargai Nilai Nurani Rasa Kehidupan Manusiawi

Makam Lama Viral Karena Dijual Belikan, Kades Air Saga :  Hargai Nilai Nurani Rasa Kehidupan Manusiawi

Penulis : Anton

Tanjungpandan, Seputarbabel.com – Ratusan makam lama di Jalan Air Ranggong, Dusun Air Serkuk, Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Mendadak viral di media sosial sejak dua hari belakangan ini.

Makam yang sudah berusia puluhan tahun menjadi buah bibir para pengguna media sosial facebook lantaran disebut-sebut telah dijual belikan oleh oknum masyarakat. Namun rupanya tanah tersebut berstatus kawasan Hutan Produksi (HP) yang akan digunakan untuk kavling dan perkebunan buah nanas.

Menurut Kepala Desa Air Saga, Saman. Menjelaskan bahwa tanah makam lama tersebut kisah dari perang kerajaan Badau dan Goa.

“Sesuda perang di kuburkan di situ. Dan sampai hari ini baru Kamilah yang baru menemukan lokasi itu saat kelompok lanun mencarinya ke separak,” ujar Saman.

Lanjutnya, sangat disayangkan jika di lokasi tersebut terjadi proses jual beli tanpa menghargai nilai-nilai nurani yang dapat menciderai rasa kehidupan manusiawi.

Tak hanya itu kegeraman dapat di lihat dari akun facebooknya Bundy Beta Chanel dengan aksi viralnya melakukan siaran langsung dan tulisan surat terbuka.

“Kepada pemilik kavling agar mengklarifikasi hak atas tanahnya yang berada di atas tanah makam yang merupakan situs bersejarah,” katanya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan