Rencana Bangun Kampong Reklamasi Desa Cerucuk, PT Timah Dengarkan Saran Pemda Belitung

Rencana Bangun Kampong Reklamasi Desa Cerucuk, PT Timah Dengarkan Saran Pemda Belitung

Seputarbabel.com, Belitung – Guna membangun kawasan bekas tambang, menjadi fungsi baru lebih ekonomis. PT Timah Tbk berencana membangun Kampong Reklamasi di Desa Cerucuk, Kecamatan Badau. Dalam paparan masterplan terkait program pasca tambah PT Timah di Kabupaten Belitung.

Kepala Unit Produksi Belitung PT Timah Tbk Anton Saputra, ketika memaparkan rencana program tersebut dihadapan Bupati Belitung Sahani Saleh dan Sekda Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya. “Dalam kesempatan ini, kami terlebih dahulu ingin mendengarkan saran dan masukan dari Pemerintah Kabupaten Belitung terkait rencana reklamasi yang akan dilaksanakan,” buka Anton.

Masterplan rencana pembangunan Kampong Reklamasi Cerucuk menggambarkan rencana kawasan hijau dengan fungsi baru. Kawasan Kompleks Perumahan lengkap dengan sarana dan prasarana refresentatif akan dibangun disana. “Agar rencana ini berjalan lancar sesuai dengan maksud dan tujuan ke depannya. Mohon kiranya, kita bisa bersinergi,” harap Anton kepada Pemerintah Kabupaten Belitung.

Biasa dipanggil Sanem, Bupati Belitung menyambut baik hal tersebut. Prinsipnya ia mendukung rencana reklamasi dari PT Timah Tbk, sehingga anggota Mind Id ini diminta menyesaikan beberapa kendala yang teridentifikasi. “Khususnya berkenaan dengan persoalan administratif lahan agar kiranya bisa menjadi perhatian serius, sebelum diambil langkah yang lebih jauh terkait pelaksanaannya,” ungkapnya.

Ia memastikan Pemkab Belitung mendukung akan mendukung semua program yang dapat disinergikan dengan pembangunan manusia dan infrastruktur wilayah. “Ini langkah dan Inovasi, namun, terkait persoalan lahan dan mekanisme administratifnya bisa disesuaikan dengan semua regulasi agraria yang tepat. Dengan sesuai prsedur, pemanfaatannya bisa tepat pula,” saran Sanem.

Ditambahkan Hendra Caya, secara admistrasi pemerintahan jajaran aparatur Pemkab Belitung tentu akan mendukung rencana anggota Holding Industri Pertambangan ini. Ia menyarankan, agar terkait izin reklamasi agar tidak salah dalam implementasi aturan agar melibatkan pihak kementerian ESDM dan Agraria dan Tata Ruang.

‚ÄúDisamping itu, harus ada Izin-Izin Pembangunannya juga agar menjadi Perhatian, ada Kajian-Kajian yang harus dibahas lebih lanjut. Kalau perlu dengan melibatkan Pihak-Pihak yang Berkompeten dibidangnya, seperti Kementerian ESDM dan BPN,”  saran Sekda Belitung ini.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan