Husni Diminta Pimpin PWI Cabang, Ketua PWI Babar De Fakto Exefisio Ketua Pokja

Husni Diminta Pimpin PWI Cabang, Ketua PWI Babar De Fakto Exefisio Ketua Pokja

Seputarbabel.com, Bangka Barat – Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kabupaten Bangka Barat (Babar), resmi membentuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang. Ketua Pokja Babar, Husni resmi memimpin PWI Cabang, sekaligusnya mengumumkan kedua jabatan tadi de facto exefisio. Husni terpilih setelah diminta seluruh peserta Konferensi Cabang I, Kamis (23/7/2020) kemarin di Wisma Sriwijaya Unit Metalurgi (Unmet) Muntok sebagai calon tunggal ketua.

Kini dipastikan siapa pun Ketua PWI Cabang Babar, maka secara otomatis menjadi Ketua Pokja Wartawan Babar. Konsep ini ditawarkan Husni sebelum pencalonan, ketika memberikan sambutan dalam pembukaan Konfercab I PWI Babar. “Siapa pun terpilih, maka dia juga harus jadi ketua Pokja. Kalau ketuanya beda, nanti ada potensi perbedaan sikap wartawan,” pintanya.

Menurutnya 12 peserta Konfercab dan memiliki hak untuk dipilih, juga berasal dari Pokja Babar. Husni sendiri siap melepaskan jabatan Ketua Pokja setelah lebih dari 2 periode melekat padanya, jika tidak dikehendaki memimpin PWI Babar. “Siapa pun yang jadi ketua PWI, maka saya akan berikan ketua Pokja untuk yang terpilih,” sambung wartawan daerah Babel Pos ini.

Usai terpilih, kepada seputarbabel.com, Ia memastikan jika langkah konfercab I PWI Babel memang tidak diketahui pengurus PWI Provinsi. Ini penting dilakukan, karena menurutnya sebagai pegiat Pers seharusnya tidak narsis. “Sesuai keinginan kita di Bangka Barat ini ingin membesarkan organisasi. Kami ingin menjadi contoh bagi wartawan daerah lain,” kata Husni saat dihubungi.

Ia menambahkan, terkait uji kompetensi wartawan dipastikan sudah dimiliki seluruh peserta Konfercab PWI sekaligus anggota Pokja Wartawan Babar. Kedepan, PWI Cabang dan Pokja Wartawan akan memfasilitasi seluruh kawan – kawan wartawan di Sejiran Setason ini. “Kita siap akan fasilitasi (uji kompetensi wartawan) kawan – kawan yang mau bergabung di PWI,” jawaba Husni.  

Sebelumnya dalam sambutan Ketua PWI Babel Muhammad Faturahman salut dengan persiapan kawan – kawan PWI Babar. Karena setelah menerima surat kepengurusan carateker, mereka langsung memfasilitasi Konfercab I PWI Babar. “Kepada kawan – kawan, ketua terpilih nantinya agar konsentrasi uji kompetensi wartawan sangat penting. Karena selain ada bukti potensi wartawan yang kompeten, uji kompetensi juga memberikan kepercayaan masyarakat terhadap profesi kita,” pinta Boy, biasa ia disapa.

Pelaksaan Konfercab I PWI Babar, pimpinan sidang diketua Rudi Syahwani. Ia memimpin tahapan Konfercab sesuai aturan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Setelah membuka, menyepakati syarat peserta dan pencalonan saat akan masuk kepada pembahasan program kerja, disepakati untuk ditunda. Ia pun meminta agar peserta menyetujui Sidang Komisi – Komisi setelah terpilih kepengurusan, sehingga agenda pun masuk kepada agenda pencalonan.

Ketika akan masuk ke agenda pencalonan dengan agenda awal seleksi bakal calon ketua, ia pun meminta masukan dari seluruh pesert Konfercab I PWI Babar. Inilah episode awal Husni dicalonkan, karena mayoritas peserta Konfercab, mencalonkan dirinya dan tidak mencalonkan diri walau memenuhi syarat untuk mencalokkan diri. “Kita sepakati ya, semua tidak mencalonkan diri dan meminta Husni ketua Pokja jadi ketua terpilih,” tanya Rudi, lalu menskor sidang.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan