KABAR UTAMA

Kegiatan Workshop BPBD Kabupaten Belitung, Tuai Kritik Karna Tata Kelola Lingkungan Yang Amburadul.

Foto, Kegiatan Workshop Sosialisasi dan Internalisasi Pengelolaan dan Informasi Kebencanaan Kabupaten Belitung.

Belitung, seputarbabel.com – Kegiatan Workshop Sosialisasi dan Internalisasi Pengelolaan dan Informasi Kebencanaan Kabupaten Belitung yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Belitung di Hotel Maxone. Rabu (22/07/20) pagi. Tuai keritik karna tata kelola lingkungan yang amburadul.

“Mudah mudahan kisah nyata yang diceritakan para ahli langsung didepan pengambil kebijakan kemaren,  tak masuk telinga kanan keluar telinga kiri,” ujar salah satu Jubir FCC.

Rata – rata setiap hari di indonesia terjadi10 kali bencana. Mengurangi 1 kali bencana bisa menghemat uang negara 125 milyar.

Bencana bisa berbentuk banjir,  kebakaran hutan dan lahan,  kekeringan,  abrasi, tanah longsor dan lainnya.

Contoh yang sudah terjadi, banjir besar di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur lalu menyebabkan kerugian materi sedikitnya 600 milyar rupiah..

Penyebab utamanya adalah tata kelola lingkungan yang amburadul,  penambangan sporadis di badan sungai, perkebunan sawit yang membuka hutan di daerah tangkapan air,  perbukitan dan bantaran sungai, penebangan pohon,  mngrove dan lainnnya.

Ini fakta dan berdasarkan prediksi melihat tata kelola hari ini.. Jika tidak berubah dan dimitigasi,  potensi terjadi semakin besar,  bukan semakin berkurang..

“Ayo para pihak yang mempunyai kekuasaan, kewenangan dan mendapatkan amanah. Berbuatlah selagi bisa. Jangan menunggu terpaksa,” Tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker