KABAR UTAMA

Dinilai Selamatkan UMKM

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Ketika pandemi virus corona disease (Covid-19) melanda, pelaku usaha mengalami penurunan omset akibat melemahnya daya beli. PT Timah Tbk dinilai konsisten memperdayakan UMKM dengan melibatkan pelaku usaha lokal. Lewat program penanganan dan pencegahan virus dengan nama SARS-CoV-2 ini, PT Timah justru melibatkan UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elviyena mengatakan, dengan melibatkan UMKM dalam memproduksi masker dan Gerakan Belanja UMKM. Merupakan langkah nyata mendukung UMKM agar tetap eksis ditengan pandemi. “Kita mengapresiasi pemberdayaan UMKM yang dilakukan PT Timah, apalagi ini dilakukan simultan,” katanya.

Pengadaan barang untuk pencegahan maupun pembagian barang bagi masyarakat terdampak. Dibeli dari pelaku usaha lokal, dimana barang akan didistribusikan. “Pandemi ini memang banyak UMKM kita yang omsetnya menurun, kita juga bersinergi. Kita berharap ini berlanjut terus ada lagi orderan dari PT Timah untuk UMKM kita,” sambung Elvi.

Koordinasi dan sinergi dalam mengembangkan serta memberdayakan UMKM antara PT Timah dengan Dinas Koperasi dan UMKM Babel juga telah berjalan dengan baik. Ia menambahkan dengan memberi omset kepada pelaku UMKM, juga menyelamatkan tenaga kerja. Karena UMKM tentu memiliki tenaga kerja.

Ia berharap, kedepannya akan semakin banyak BUMN dan BUMD yang turut memberdayakan UMKM agar bisnis mereka tetap berjalan. “Kita perlu sinergi bersama baik pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta dan masyarakat untuk mendukung UMKM, melalui gerakan belanja UMKM dan produk lokal. Ini sebagai usaha kita bersama untuk menyelamatkan UMKM saat pandemi ini,” ujarnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker