Ini Penjelasan Syahbandar Belinyu Soal Bongkar Muat BBM KM Tanayu Di Pelabuhan Tanjung Gudang

Ini Penjelasan Syahbandar Belinyu Soal Bongkar Muat BBM KM Tanayu Di Pelabuhan Tanjung Gudang

Seputarbabel.com, Bangka – Ternyata, kapal transportir (KPOB), KM Tanayu bermuatan 200 ton bahan bakar minyak (BBM) asal pulau Sumatera sandar di Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu untuk bongkar muat. Diketahui KM Tanayu sudah sejak Jumat (12/6/2029) berada di sekitar Pelabuhan Tanjung Gudang.

Diduga jenis solar industri tersebut tidak memiliki dokumen Izin Niaga Umum (INU) yang dikeluarkan oleh Kementrian ESDM melalui Dirjen Migas. Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I B Pangkalbalam, Wilayah Kerja Tanjung Gudang Belinyu. Akhirnya membenarkan, jika kapal transportir SPOB KM Tanayu bermuatan 200 ton BBM telah sandar sekaligu bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu.

Kepala KSOP Wilayah Kerja Pelabuhan Tanjung Gudang  Belinyu Sumantri kembali menghubungi media ini setelah sebelumnya dikonfirmasi. Ia pun akhirnya membenarkan jika KM Tanayu telah bongkar muat, hanya saja itu baru dibenarkan ketika wartawan media ini menyebutkan nama kapal. “Kalau soal INU buka kewenangan kita, kalau manivesnya lengkap,” sambungnya.

Ia pun mengklarifikasi soal pernyataan dirinya kemarin sore (13/6/2020) kepada media ini. Karena menurutnya, KM Perdana yang akan sandar mengisi BBM milik PLN untuk dibawa ke Belitung telah ia keluarkan izin sandarnya. “Saya belum nyambung kalau yang ditanya soal KM Tanayu,” jawabnya.

Ia pun meminta wartawan media ini, untuk menghubungi Jun, selaku pengelola dari perusahaan pemilik BBM tersebut. Hanya saja sampai berita ini diturunkan, Sumantri belum mengirim nomor Jun untuk klarifikasi. “Kalau terkait yang lain itu silakan hubungi Jun, tau kan nomornya. Mereka lebih berwenang menjelaskan dokumen barang,” tambah Syahbandar Belinyu ini.

Perlu diketahui, jika berdasarkan informasi dari sumber media ini, BBM tadi diduga tidak dilengkapi dokumen. Bahkan sebelum sampai ke laut Belinyu, telah diamankan pihak Bakorkamla. Sayangnya informasi tersebut belum bisa dibenarkan dan dikonfirmasi. Apa pun yang terjadi sebelumnya, saat ini BBM tersebut telah masuk ke pulau Bangka lewat Pelabuhan Tanjung Gudang.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan