Agar Babel Maksimal Tanggulangi Covid 19, RSBT Operasikan Laboratorium Uji Swab Dengan Metode PCR

Agar Babel Maksimal Tanggulangi Covid 19, RSBT Operasikan Laboratorium Uji Swab Dengan Metode PCR

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Langkah memutus mata rantai penyebaran corona virus desease (Covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). PT Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) bersama PT Timah Tbk telah memiliki laboratorium dengan standar BioMolekuler guna menjalankan metode polymerase chain reaction (PCR). Penyediaan pengujian sampel Swab ini agar langkah penanggulangan Covid-19 lebih maksimal.

Direktur Utama PT RSBT, Dodi Setiabudi mengatakan laboratorium pengujian Swab untuk metode PCR, telah dioperasi sejak akhir bulan Mei 2020. Ini adalah hasil komunikasi RSBT bersama PT Timah Tbk dengan Kementerian BUMN dan Holding Rumah Sakit (Pertamedika – IHC), setelah pertengahan April 2020 diumumkan. “Alhamdulillah Sudah sesuai standar laboratorium BioMolekuler,” jawabnya.

RSBT melalui PT Timah Tbk memperoleh alat PCR dari Kementerian BUMN bersama 16 Rumah Sakit lainnya. Tentu saja, dengan lebih cepat terditeksi terpapar pasien dalam pengawasan (PDP) dengan spesifisitas sampai 90 – 95 persen. Membuat penyebaran Covid-19 akan lebih cepat ditanggulangi di Babel. “Dengan lebih cepat diketahui akan cepat pula memutus penyebaran virus dari Covid 19,” kata Dodi membenarkan.

Sebelum menyediakan metode PCR untuk uji Swab mendeteksi virus dengan nama SARS-CoV-2 ini. PT RSBT telah menyiapkan lebih dahulu fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) pendukung. “Karena untuk uji Swab di laboratorium PCR, diantaranya harus memililik laboratorium tingkat keamanan level 2, harus ada autoclave, Biosafety cabinet minimal level atau class 2,” buka mantan Direktur Keuangan PT DAK ini.

Ia pun menambahkan laboratorium PCR di RSBT Pangkalpinang terdiri dari 3 ruangan. Ruang Preparation bertekanan Positif dengan Alat Luminar Flow Cabinet, Ruang Ekstraksi dengan alat Bio Safety Cabinet Level 2 dan Ruang PCR yg masing masing bertekanan Negatif sudah mulai dioperasionalkan. “Sudah mengerjakan diatas 200 sampel Swab,” tambah pria berkacamata ini.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani memastikan penyediaan laboratorium PCR di RSBT. Merupakan komitmen memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 di Babel. “Pandemi Corona telah menjadi persoalan dunia, sebagai perusahaan negara PT Timah akan tetap hadir bersama masyarakat memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” paparnya.

Ia memastikan PT Timah akan sejalan dengan terus mendukung berbagai langkah pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Bukan hanya penanganan penyebaran virus, berbagai langkah dari pencegahan hingga penyaluran bagi masyarakat terdampak juga dilakukan. “PT Timah adalah bagian dari masyarakat, sehingga untuk itu kami tetap komitmen dalam hal percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19,” tutup Mochtar Riza, April lalu.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan