Berpikir Positif Bisa Hindari Covid 19, Pulang Lebaran Jangan Berinteraksi Luas

Berpikir Positif Bisa Hindari Covid 19, Pulang Lebaran Jangan Berinteraksi Luas

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Ini himbauan disampaikan Direktur RSUD Depati Hamzah dr Muhammad Fauzan. Karena jumlah terkonfirmasi corona virus desease (covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bertambah. Selain menjaga kebersihan, pola hidup sehat dan berpikir positif adalah cara terhindar dari tertular virus dengan nama SARS-CoV-2.

Ia menyampaikan hal tersebut ketika ditanya media ini cara aman agar terhindar dari virus corona, Minggu (3/5/2020) kemarin. “Cara paling aman agar terhindar dari covid 19 jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan, makan makanan bergizi dan selalu berpikir positif,” jawab Fauzan.

Direktur RSUD Depati Hamzah ini, tentu menangani pasien terkonfirmasi dan dalam pengawasan. Mengingat RSUD Depati Hamzah sebagai rumah sakit rujukan covid 19 di pulau Bangka. Terkait warga di pulau Bangka yang akan pulang kampung pada saat lebaran, disarankan agar tidak dilakukan. “Selama ini Babel blom menjalankan PSBB, jadi pulang kampung antar kabupaten kota belum ada aturan,” terang Fauzan.

Namun dilanjutkan Fauzan, jika memang pulang ke daerah tidak melakukan kontak dengan masyarakat luas. Karena tujuan pulang kampung adalah melepas kangen dengan orang tua dan meminta maaf. “Kalau pulang kampung, sampe rumah itu benar benar dirumah, bukan jalan – jalan lalu kontak dengan teman saudara, bahkan orang lain di daerahnya,” katanya.

Bagi masyarakat di pulau Bangka, bila makukan mudik dengan kendaraan pribadi. Iamengharapkan agar melakukan isolasi mandiri sebelum melakukan perjalanan pulang kampun. “Sebaiknya memang benar benar stay dirumah agar tidak membawa bahkan menginfeksi keluarga di daerah masing – masing,” himbau Fauzan.

Perlu diketahui di Indonesia dari total 11.587 orang terkonfirmasi covid 19, sebanyak 1.587 orang terdata sembuh. Fauzan mengatakan jika dikatakan sembuh adalah orang yang terkonfirmasi positif setelah 2 kali tes swab negatif. “Kalau sembuh dari yang terkonfirmasi positif, setelah 2 kali pemeriksaan swab hasil negatif covid 19. Kalau dari data di Babel 20 terkonfirmasi 4 dinyatakan  sembuh,” jelanya.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD Depati Hamzah belum ada dinyatakan sembuh. Karen mereka yang dinyatakan sembuh adalah pasien yang dirawat menunjukkan gejala covid hilang. “Perbaikan keadaan umum, perbaikan gambaran rontgen, serta hasil rapid negative bisa dipulangkan untuk karantina mandiri atau jika hasil 2 kali swab negatif bisa dikatakan pasien sembuh,” sambung Fauzan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan