FCC Soroti Ketersediaan Pangan

FCC Soroti Ketersediaan Pangan

Penulis Redaksi

Belitung, Seputarbabel.com –  Dua aktivis yang tergabung dalam Forum Crisis Centre (FCC) datang ke kantor Cabang Pembantu Porum Bulog dan Disperindag, Kabupaten Belitung. Senin (27/4/2020) untuk memastikan stok pangan terutama beras aman.

Kedatangan mereka, M Yusup dan Ismaya di sambut langsung oleh Faisal Fahmi, selaku Pemimpin Cabang Pembantu Perum Bulog, Kabupaten Belitung.

Dihadapan Faisal Fahmi. Kedua aktivis itu, Black dan Ismaya menuturkan tentang keinginan mereka membantu dan mendukung pemerintah dalam melakukan data simulasi kondisi terdampak wabah Virus Corona tentang sosial dan pangan, bisa bertahan sampai kapan.

Selaku Pemimpin Cabang Pembantu Perum Bulog, Kabupaten Belitung. Faisal fahmi memastikan kecukupan stok pangan selama masa darurat wabah Virus Corona alias COVID-19, aman. Stok beras mencukupi untuk satu tahun kedepan.

“Gak perlu kuatir untuk stok beras di bulog saat ini 600 ton cukup untuk 4 sampai 5 bulan kedepan, kalo di tambah dengan swasta cukup untuk satu tahun kedepan,”  jelasnya.

Berbeda dengan Bulog, Disperindag Kabupaten Belitung, bidang usaha perdagangan. Hj Rita Yuliani, S.IP sudah menyiapkan data stok ketersediaan sembako pada agen distributor di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Sementara itu, Aktivis Ismaya menilai. Jika di total, hasil data yang diperoleh dari bulog dan para distributor swasta mencapai 2500 ton, Beras.

Untuk kebutuhan 250 ribu penduduk pulau belitung, jumlah stok yang terlihat besar dapat memberikan rasa aman tentang ketahanan pangan. Tapi, dalam kondisi tidak normal seperti sekarang, dimana daya beli masyarakat menurun drastis, “apakah jumlah stok tersebut bisa mengenyangkan??” Ujarnya.

Dia berpendapat, apabila solusinya adalah pemberian sembako. Dimana salah satunya adalah paket beras kemasyarakat terdampak. Pertanyaanya akan sampai kapan?

“Apakah sampai stok beras itu kosong atau sampai Negara sudah tidak mampu memberikan bantuannya.

Ingat, tidak ada satupan didunia ini yang bisa memprediksi kapan berakhirnya masalah pandemi Covid-19 ini,” tegasnya.

Fakta, bahwa semua stok sembako yang ada di Kabupaten Belitung, berasal dari luar Belitung, seperti Jawa dan Sumatra

Mereka yang dijawa sumatra juga mengalami pandemi ini, bahkan lebih mengkhawatirkan secara sosiol ekonomi. Pertanyaanya, sampai kapan hal ini akan di suplai dari jawa, sumatra?

Maka dari itu, FCC secara langsung mengingatkan Pemerintah Kabupaten Belitung Agar mengantisipasi soal kesiapan stok pangan lokal.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan