Aplikasi Fight Covid 19, Langkah Pencegahan Pemprov Babel

Aplikasi Fight Covid 19, Langkah Pencegahan Pemprov Babel

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Baik pasien positif, ODP, PDP, suspect hingga masyarakat luas telah disiapkan aplikasi untuk melindungi diri. Diberi nama Fight Covid 19, aplikasi tracking dan fencing ini digunakan untuk penanggulangan virus Corona. Orang Dalam Pengawasan(ODP), pergerakannya dapat diketahui realtime di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Ketua Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 di Babel, Mikron Antariksa aplikasi ini dapat memonitor selama 14 hari. “Aplikasi juga mampu menampilkan history aktivitas ODP, apabila handphone ODP dalam keadaan off. Oleh sebab itu, sebaiknya ODP menaati imbauan untuk tidak mematikan handphone selama 14 hari,” jelasnya Senin (6/7/20202) malam.

Ia menjelaskan ODP memang diberikan tanda sebelumnya, agar lebih maksimal aplikasi ini disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel. ODP diminta agar data – data kondisi kesehatan diinput setiap hari ke aplikasi secara online. “Jika aplikasi petugas monitor ada tanda (alert), maka petugas medis dapat langsung ke lokasi ODP berada untuk ditindaklanjuti,” kata Mikron.

Selain memberikan tanda, aplikasi bisa membantu masyarakat saling menjaga dan melindungi diri dari penularan virus corona. Aplikasi juga akan memberikan tanda (alert) kepada petugas. Jika ODP keluar lebih dari 50 meter dari rumah, ia akan langsung didatangi petugas. “Hal ini demi kebaikan bersama, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menjaga jarak dan tidak keluar rumah juga kita himbau,” tambah Mikron.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan