Pembuatan Ambulan Laut Baznas Ini Dibiayai Dari Zakat Profesi Karyawan PT Timah

Pembuatan Ambulan Laut Baznas Ini Dibiayai Dari Zakat Profesi Karyawan PT Timah

Seputarbabel.com, Karimun – Dari zakat profesi karyawan muslim 2,5 %, pada Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) PT Timah Tbk, pembuatan Kapal Ambulan Laut Baznas ini dibiayai. Satu unit kapal ambulan itu telah masuk tahap penyelesaian di galangan kapal PT Dok dan Perkapalan Air Kantung (DAK) di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Ambulan Laut Baznas Dari UPZ PT Timah

Kapal ambulan ini akan dioperasikan bagi pasien antar pulau di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Menurut rencana kapal Ambulan Laut Baznas akan dioperasikan bulan depan, tanggal 5 Maret 2020 akan dilakukan penyerahan. Kepala UPZ Baznas PT Timah Tbk Karimun, Kepri Sofyan R mengatakan hal ini. “Insya Allah diresmikan 5 April 2020 sebelum itu kapal sudah harus di Karimun,” Kepala

Ia mengatakan, seluruh dana pembuatan kapal ambulans merupakan zakat profesi karyawan muslim PT Timah Tbk. Sofyan berharap dengan adanya kapal ambulan tersebut menjadi solusi transportasi bagi pasien antar pulau di Karimun. Selama ini masyarakat Karimun terutama tinggal di daerah pulau hinterland menggunakan pompong untuk membawa warga dirujuk berobat ke RSUD Muhammad Sani.

Hal itu tentu berisiko khususnya bagi pasien dengan status emergency atau darurat. PT Timah Tbk rencananya juga mengelontorkan dana operasional kapal ambulans tersebut hingga Rp 300 juta pada tahun 2020 ini. “Soal operasional kapal ini juga sudah kita bahas, semoga bisa sangat bermanfaat bagi pasien di pulau – pulau ketika perlu dirujuk,” terang Sofyan.

Ambulance laut Baznas ini memiliki alat kesehatan dengan kapasitas 2 pasien dan 6 kursi duduk. Selain fasilitas alat kesehatan spesifikasinya sebagai ambulan transport, dengan panjang 14 meter, dengan 3 mesin 250 pk kapal ini berkekuatan 750pk. Total biaya operasional bahan bakar sebulan diperkirakan Rp 75 juta. Dari PT DAK sebagai anak perusahaan PT Timah, untuk jaminan perawatan tanpa batas.

Karena menjadi program pertama Baznas Pusat fasilitas ini menjadi perhatian. Dalam rapat persiapan penyerahan dan operasionalnya dihadiri Rumah Sehat Baznas Pusat, Baznas Kepri Riau dan Baznas Karimun. Juga hadir perwakilan dari Pemerintah Daerah (Pemda), Asisten I Setda Karimun Muhamad Tang mewakili Bupati serta perwakilan dari Forkompinda Karimun dan Kepri.

Menurut rencana agenda pembukaan Musyawarah Wilayah Baznas Kepri akan menjadi momen penyerahan Ambulan Laut Baznas ini. Dengan total biaya untuk membuat Ambulan Laut Baznas diketahui menelan biayat Rp 2 miliar. Ambulan Laut Baznas ini akan bersandar di sekitar wilayah Selat Belia, Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan