BARU 86,17% PENERIMA KIP DI KABUPATEN BELITUNG CAIRKAN DANA PROGRAM INDONESIA PINTAR

BARU 86,17% PENERIMA KIP DI KABUPATEN BELITUNG CAIRKAN DANA PROGRAM INDONESIA PINTAR

Penulis : Agung Septianis

BELITUNG, SEPUTARBABEL.COM – Sebanyak 1.699 pelajar di Kabupaten Belitung tercatat sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) itu resmi menerima pencairan dana tahap pertama.

Dari data yang baru di himpun, ribuan siswa penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) itu terdiri dari siswa SMP yang memegang KIP.

Pencairan dana langsung lewat rekening bank dengan membawa surat keterangan dari sekolah.

“Dana program PIP ini memang sangat bermanfaat untuk siswa. Karena bisa untuk membeli perlengkapan sekolah, seperti tas, buku, seragam dan sepatu,” papar Reboi, selaku bagian pengelola peserta didik.

Besaran dana PIP dari Program KIP yang dicairkan untuk SMP kelas VII sebanyak Rp 750 ribu/tahun, kelas VIII sebanyak Rp 750 ribu/tahun, Kelas IX sebanyak Rp 375 ribu/tahu.

Reboi juga menambahkan bahwa kehadiran KIP dirasakan banyak membantu orangtua murid. Sebab bantuan dana dari program pemerintahan Jokowi itu diklaim bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan pendidikan terbaik.

Itu bisa di lihat dari jumlah data penerima tahap 1 Hingga 24 di tahun 2019 mencapai 1.699 siswa dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung, jika di persentasekan jumlah pencarian sudah mencapai 86,17% dan yang belum mencairkan sebanyak 13,83 % itu sesuai pengamatan dinas.

“sementara untuk tahun 2020 belum ada siswa yang mencairkan dana tersebut ke bank, Karna belum ada SK,” Kata Reboi

Reboi juga menyampaikan jika siswa penerima dana PIP tersebut berdasarkan usulan sekolah, karna skolah juga mempunyai operator sendiri dan dinas hanya memantau sejauh mana perkembangan pencarian dana PIP.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan