19 Tahun, 9.100 UMKM Pernah Jadi Mitra Binaan PT Timah

19 Tahun, 9.100 UMKM Pernah Jadi Mitra Binaan PT Timah

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Sejak tahun 2000 hingga 2019, setidaknya ada 9100 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah operasional PT Timah Tbk menjadi mitra binaan mereka. Total dana tersalur untuk pengembangan para pelaku UMKM tadi selama 19 tahun Rp 212 miliar. Hingga tahun 2019, ada sebanyak 4.245 pelaku UMKM tetap aktif menjadi mitra binaan anggota Mind Id ini.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan kepada wartawan mengatakan dalam penerapan untuk program kemitraan, PT Timah tidak hanya menyalurkan permodalan. “Tapi untuk mitraan binaan strategis kita juga memberikan pembinaan dan dukungan promosi melalui pameran,” ungkapnya.

Program Kemitraan PT Timah memang kian dimintai pelaku usaha, karena tiap tahun proposal yang masuk berjumlah ratusan. Program Kemitraan merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Timah untuk memperdayakan UMKM agar dapat mengembangkan usahanya. “Program kemitraan ini sifatnya dana bergulir, satu pelaku UMKM hanya boleh 3 kali melakukan perpanjangan pinjaman karena tujuannya memandirikan,” jelas Anggi.

Bukan hanya memberikan pinjaman lalu melakukan pembinaan, PT Timah juga mengajak para pelaku usaha melakukan study banding. Sehingga mereka dapat membandingkan usaha mereka dengan pelaku usaha di daerah lain, agar mereka dapat lebih cepat berkembang. “Kita ada pembinaan, juga mengajak pelaku UMKM untuk study banding ke pelaku usaha,” kata Anggi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan