Dewan Ingin Cek Langsung Kualitas Aspal Jalan Provinsi

Dewan Ingin Cek Langsung Kualitas Aspal Jalan Provinsi

Foto Ilustrasi Pekerjaan Jalan Provinsi

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Ingin kualitas jalan provinsi terus meningkat bukan hanya kualitas pekerjaan diatas kertas tapi juga jangkauan jalan teraspal pun harus meningkat. Akan dilakukan uji laboratorium kulitas aspal jalan provinsi, sebagai data pembanding. Rencana Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini akan dibiayai dengan dana pribadi.

Kepada wartawan sekretaris Komisi III DPRD Babel, Rina Tarol usai memanggil Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Babel mengatakan tersebut. Ia meminta data pemeliharaan jalan provinsi sedang maupun sudah dilakukan pemeliharaan. “Setiap kilo jalan provinsi akan kita uji lab dengan biaya kita sendiri untuk melihat kualitas aspalnya,” katanya.

Kemudian, Rina juga mengingatkan agar pekerjaan saluran di pinggir jalan provinsi jika angkanya lebih besar dari biaya aspal jalannya. Harusnya tidak diberikan pada pihak perusahaan pemilik asphalt mixing plant (AMP). Karena pemilik unit produksi campuran beraspal tentu sudah dapat proyek aspal jalan. “Juga perusahaan AMP yang mengerjakan jangan dikuasai pihak tertentu saja,” pintanya.

Ia juga mengindikasikan pemeliharaan jalan provinsi dibeberapa titik, dilakukan tiap tahun. Karena baru saja serah terima sementara pekerjaan (Provisional Hand Over – PHO) dilakukan beberapa jalan lalu diperbaiki. Padahal pekerjaan kontruksi punya masa batas waktu, tidak bisa tiap tahun dilakukan pemeliharaan yang baru dikerjakan. “Baru dibangun belum selesai masa PHO jalan lah rusak lah ditampal pula,” keluhnya.

Perlu diketahui dana pemeliharaan jalan provinsi tiap kilometernya Rp 30 juta, ini seharusnya dapat dialihkan untuk jalan yang belum terawat. Menurutnya ini bisa disebabkan kualitas aspal, karena lokasi pekerjaan jalan dari AMP jaraknya lebih dari 100 kilometer. “Juga anggaran Rp 1,7 miliar untuk jembatan buka tutup, kalau harus tunggu pasang surut, biar buat selfie saja jadi dibuka terus,” tambah Rina.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan