K3 Menjadi Prioritas PT Timah

K3 Menjadi Prioritas PT Timah

Seputarbabel.com, Karimun – Menjadi perhatian utama PT Timah Tbk terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja. Sebagai perusahaan pertambangan timah, manajemen berkomitmen K3 merupakan prioritas utama perusahaan. Jumat (31/1/2020) di Komplek PT Timah di Prayun, Kundur Barat dilaksanakan peringatan Bulan K3 Nasional.

Direktur Pengembangan Usaha PT Timah Tbk, Trenggono Sutioso mengatakan kecelakaan kerja dilingkungan operasi produksi perusahaan. Tentu menjadi evaluasi mereka untuk memperbaiki lingkungan kerja dan standar operasional prosedur (SOP). “Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan perhatian utama dan konsen bagi manajemen PT Timah Tbk,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, jika mereka selalu mengingatkan karyawan bagi pentingnya keselamatan kerja. “Tidak hanya tergantung sistem, melainkan juga dimulai dari kesadaran diri sendiri, kemudian alat kerja hingga kekompakan satu tim dalam bekerja. Ini merupakan tantangan bagi kami. Sebab, selain karyawan internal kami juga melibatkan mitra,” jelas Trenggono.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Sri Raharjo memberikan apresiasi kepada PT Timah Tbk. Karena anggota Mind Id ini dinilai berkomitmen dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan. Dirinya menilai, secara umum PT Timah Tbk cukup baik hanya sedikit persoalan di tingkat mitra.

“PT Timah secara umum cukup baik, hanya memang meningkat di fatality. Tapi kebanyakan (permasalahan) ada di kontraktor. Mungkin nanti itu yang perlu ditingkatkan pembinaan dan pengawasan bagi kontraktor atau mitra. Kita tahu kompetensi mereka bervariasi. Sesuai aturan mereka harus terus dibina oleh Direktur Tambang,” jelas Sri Raharjo.

Ia menerangkan terkait keselamatan dan kesehatan kerja, pemerintah terus menyempurnakan regulasi. Salah satu langkah yang akan ditempuh adalah penerapan model pengawasan dengan menggunakan teknologi drone dan satelit. Tujuannya, untuk mengurangi kedatangan para inspektur tambang ke lapangan

Sri Raharjo juga menghimbau kepada PT Timah Tbk agar lebih intensif meningkatkan K3 di lingkungan kerja. Peringatan bulan K3 PT Timah Tbk di Kundur ini juga dihadiri GM PT Timah Tbk Wilayah Operasi Kepri dan Riau, Adam Darmawan serta jajaran dan juga perwakilan dari Pemkab Karimun.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan