https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

PT Timah Raih PROPER Hijau Tahun 2019 Bukti Komitmen Lakukan Pengolahan Lingkungan

Seputarbabel.com, Jakarta – Komitmen menerapkan good minning practice dalam proses bisnis pertambangan berbuah manis, hal ini terbukti tahun 2019 PT Timah Tbk berhasil menyabet PROPER Hijau. Prorgam Penilian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di Istana Wakil Presiden, Rabu (8/1/2019). Penghargaan PROPER Hijau ini diserahkan langsung oleh Menteri KLHK, Siti Nurbaya kepada PT Timah Tbk diwakili oleh Direktur Operasi Produksi PT Timah Tbk, Alwin Albar disaksikan langsung Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

Ini merupakan kali pertamanya PT Timah meraih PROPER Hijau, peringkat tersebut diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan. Dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem manajemen lingkungan, pemanfaatan sumberdaya secara efisien dan melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan baik.
Tahun sebelumnya, PT Timah hanya meraih PROPER Biru, oleh karena itu perusahaan terus terpacu untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan yang sejalan dengan misi perusahaan, untuk meningkatkan kontribusi kepada masyarakat serta pelestarian lingkungan perlu terus ditingkatkan PT Timah bisa meraih Proper Hijau pada tahun penilaian 2019 ini.

Untuk meraih PROPER Hijau, produsen timah terbesar kedua di dunia ini bahkan melakukan sejumlah inovasi yang selaras dengan target PROPER Hijau, seperti membangun dan mengoperasikan
fasilitas pengolahan limbah yang lebih baik. PT Timah juga membentuk project team di seluruh area operasi yang bertugas mengawal program PROPER Hijau. Tim ini bekerja tidak hanya di internal perusahaan, melainkan bekerja sama dengan Pemerintah dan kelompok masyarakat.

PT Timah membekali karyawan di tiap unit produksi dengan pengetahuan yang memadai mengenai persyaratan dan peraturan terkait pengelolaan lingkungan. Perusahaan menggelar sejumlah
Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan pemateri dari Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan
Kerusakan Lingkungan KLHK. “Kita bersyukur atas diraihnya PROPER Hijau ini, artinya komitmen PT Timah terhadap pengelolaan lingkungan dilakukan secara serius dan tentunya ini berkat dukungan drai berbagai pihak, dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan,” kata Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar.

Tidak berpuas diri dengan capaian PROPER Hiijau, Abdullah mengatakan, kedepan perusahaan secara bertahap kembali meningkatkan standar pengelolaan lingkungan. Tujuannya adalah memperluas cakupan pengelolaan lingkungan yang diintegrasikan dengan proses bisnis strategis perusahaan di masa depan. “Kita berupaya mempertahankan PROPER Hijau dan berharap dengan pembenahan sistem pengelolaan lingkungan yang terintegrasi dengan proses pertambangan kita bisa meraih PROPER Emas,” harapnya.

PT Timah terus berkomitmen dan melakukan sejumlah inovasi dalam pengelolaan lingkungan dari
proses pertambangan hingga paska tambang. Bahkan untuk reklamasi PT Timah telah melakukan pengelolaan reklamasi yang menjadi destinasi wisata baru dan wisata edukasi seperti di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *