Angkatan Kerja Agar Miliki Usaha Dengan Keterampilan

Angkatan Kerja Agar Miliki Usaha Dengan Keterampilan

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tidak bisa hanya mengandalkan lowongan pekerjaan (loker). Karenanya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Babel, melihat potensi angkatan kerja harus memiliki usaha dengan keterampilan. Baik itu dari telah dimiliki sebelumnya, maupun hasil dari pelatihan yang diselenggarakan Disnaker.

Itu digambarkan Kepala Disnaker Babel Harrie Patriadi, Kamis (5/12/2019) sore di ruangannya. Program pelatihan oleh Disnaker memiki dua pola, berdasarkan kebutuhan pasar kerja dan keterampilan tambahan agar dapat membuka usaha sendiri. “Intinya progam pelatihan kita tujuannya agar mereka mampu punya usaha sendiri dengan ketrampilan dan keahlian,” jelasnya.

Karena peluang pekerjaan akan kurangi angka pengangguran, sehingga adanya usaha baru perlu dimotivasi bagi angkat kerja. Ketika peningkatan keterampilan diberikan bagi pasar kerja, maupun keterampilan bagi angkat kerja baru. “Indikator penurunan pengangguran dari UMKM, di Babel juga karena ada peluang kerja dari usaha baru yang dibuka,” kata Harrie.

Dijelaskan Harrie, tingkat pengangguran terbuka (TPT) terus akan ditekan walau menurut karena masuk peringkat 9 nasional. Itu tidak lepas dari banyak kebijakan Gubernur Babel Erzaldi Rosman, terutama dalam membuka peluang usaha baru. Angka TPT didominasi kalangan SMK juga, diasumsikan turun dengan kebijakan tadi baik langsung maupun tidak langsung.

Sebanyak 59,69 % dari total penduduk bekerja masih berpendidikan rendah (SMP ke bawah). Bahkan 44,69 % masih sangat rendah (SD ke bawah) juga perlu menjadi perhatian. TPT terendah penduduk Babel sebesar 1,96 % berpendidikan SD ke bawah, TPT tertinggi adalah pendidikan SMK sebesar 7,49 %, TPT Babel 3,62 %, menurut kini peringkat ke 9 nasional. “Ini data BPS bulan lalu,” tambah Harrie.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan