KABAR UTAMA

Iklim Investasi Positif, Hipmi Optimis Ekonomi Babel Membaik

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Terus meningkatkatnya nilai investasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sejak 2015 lalu. Diyakini karena iklim investasi cukup kondusif, sehingga harus dipertahankan dan dijaga bersama. Diyakini jika angka investasi yang terus naik, mempengaruhi kondisi ekonomi dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Babel, mengatakan hal tersebut Selasa (3/12/2019) malam. Bagi BPD Himpi Babel, nilai investasi yang terus meningkat harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Babel. Ketua BPD Hipmi Babel, R Indra Sandy menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan media ini. “Banyak multiplier effect yang akan menciptakan dampak positif dalam hal kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurutnya iklim investasi yang tercipta positif di Babel, selain karena kemudahan pengurusan perijinan juga potensi yang dimiliki daerah mendukung. Selain itu, kondisi geografis Babel yang strategis secara global juga sangat mendukung iklim investasi. “Nah kini bagaimana kita bisa menciptakan nilai tambah dari berbagai macam industri yang menjadi incaran para investor tersebut agar nilai tambahnya dapat dirasakan langsung oleh banyak masyarakat di Babel,” terang Indra Sandy.

Hipmi Babel juga berharap dengan berbagai investasi yang masuk secara massif dapat memberi dampak positif kepada pelakua usaha lokal. Ia mencontohkan investasi di industri pariwisata, agar dapat memberi efek positif kepada usaha barang dan jasa. Kemudian hilirisasi timah dan mineral logam lainnya di Babel. “Diharapkan dapat melahirkan industri yang fokus kepada nilai tambah dari komoditas tersebut,” sambung Indra Sandy.

Ia pun mengingatkan terkait investasi ini, dibutuhkan berbagai fasilitas pendukung dan infrastruktur memadai. Seperti akses logistik dan ketersediaan tenaga listrik, telah dilakukan pemerintah, walau pun untuk menjadi ideal masih butuh proses waktu. Akan tetapi tidak kalah pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing di era keterbukaan dan kompetisi global juga harus disiapkan.

“Disinilah pemberdayaan, pembentukan sumber daya manusia siap berkompetisi baik secara nasional dan Internasional menjadi sangat penting. Media massa dapat mengambil peran, memberikan informasi dan edukasi ke masyarakat.
Saya optimis Bangka Belitung memiliki masa depan ekonomi yang baik tinggal semuanya kembali ke kita bagaimana kita menghadapi perubahan. Karena pada umumnya proses itu tidak selalu nyaman untuk kita,” papar Indra Sandy.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker