KABAR UTAMA

Cari Pasar Baru, Upaya PT Timah Naikkan Harga Timah Dunia

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Harga timah dunia belum mampu menembus US$ 20 ribu, bahkan dibawah US$ 17 ribu. Kenapa harga timah tidak bisa dipengaruhi, disaat hanya satu – satunya PT Timah Tbk melakukan ekspor? Ternyata stok timah dunia tidak berpengaruh pada naiknya harga, karena harga tetap turun disaat menipisnya stok London Metal Exchange (LME).

Harga timah terus melemah walau stok global menurun, selain perang dagang Amerika dan Cina, gairah industri dan perekonomian global yang masih lesu. Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani menjelaskan kepada wartawan kemarin (22/11/2019) saat ditanya soal harga timah dunia ini. “Produsen elektronik itu berhenti produksi mereka pembeli tin solder,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, bahan baku berbagai industri terutama elektronik dan otomotif bahan bakunya adalah timah. Melemahnya permintaan dari produsen elektronik dan otomotif, karena melemahnya ekonomi global. “Karena bahan baku untuk produksi mereka adalah tin solder, maka penurunan produksi mereka mempengaruhi harga,” terang Mochtar Riza.

Akan tetapi bukan berarti PT Timah tidak berupaya agar, ada perbaikan harga timah dunia. Dengan cara mencari pasar baru untuk menggantikan pembeli logam timah di pasar dunia. Karena ada beberapa negara yang kebutuhan logam timahnya meningkat. Sehingga tidak benar jika, PT Timah sengaja membuat stok dunia melimpah sehingga biaya produksi mereka rendah. “Kita sedang melirik beberapa negara itu,” sambung Riza.

Bukan hanya mencoba melakukan perdagangan logam timah, kepada negara yang penggunaan logam timahnya naik. PT Timah ternyata juga membaca pasar baru, diantara rencana pembangunan pabrik produsen yang menggunakan logam timah di pasar Asia. “Pabrik mereka akan selesai tahun depan, mereka produsen alat elektronik. Itu kita lihat akan menjadi pasar baru dan semoga membuat permintaan logam timah naik,” papar Riza.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker